Pengertian Iklan Baris: Ciri-Ciri, Jenis, Cara Membuat dan Contohnya

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas secara lengkap dan singkat seputar pengertian iklan baris beserta ciri-ciri, jenis-jenis, cara membuat dan contohnya. Sebelumnya ke topik pembahasan utama, kita perlu mempelajari apa itu makna / arti dari “iklan” itu sendiri. Pengertian iklan secara umum adalah segala bentuk pesan promosi berupa barang maupun jasa yang ditujukan kepada target. Siapa yang menjadi target? Tentu saja masyarakat, baik itu remaja, dewasa maupun orang tua.

Penyampaian pesan dilakukan melalui media, dan kita sebagai pembuat iklan diharuskan mengeluarkan biaya penerbitan iklan ke media terkait atau singkatnya sebagai biaya sponsor. Di zaman canggih dan modern saat ini, media per iklan-nan sudah sangat beragam. Terdiri dari media elektronik, cetak, media luar gedung dan media lainnya.

Nah pemilihan media mana yang akan kita gunakan untuk membuat iklan perlu dipertimbangkan dengan matang. Beberapa faktor penting yang harus diperhatikan misalnya seberapa besar modal yang kita miliki, dan jumlah target yang akan di jangkau serta mempertimbangkan keuntungan yang akan didapatkan.

Pengertian Iklan Baris

Pengertian Iklan Baris
Contoh Gambar Iklan Baris di Koran

Nah, salah satu jenis iklan yang memiliki peluang besar banyak di lihat oleh orang setiap hari adalah iklan baris. Singkatnya, iklan baris adalah suatu cara promosi barang dan jasa yang dilakukan dengan media cetak, yakni di koran. Pesan yang disampaikan melalui iklan baris merupakan informasi paling inti yang harus diketahui oleh peminatnya. Sehingga iklan ini hanya berisi beberapa baris teks promosi saja, oleh sebab itu kenapa disebut sebagai iklan baris.

Biaya yang harus dikeluarkan oleh seseorang untuk membuat dan menerbitkan iklan baris di koran bisanya lebih murah dibandingkan menggunakan media cetak lainnya. Sebab, iklan ini memiliki ukuran jauh lebih kecil daripada iklan-iklan lainnya. Bahkan biaya iklan dihitung seberapa banyak jumlah kata dan baris pada teks iklan yang kita buat.

Cara Membuat dan Ciri-Cirinya

Iklan baris memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan jenis iklan lain, terutama dengan iklan promosi melalui media cetak seperti iklan kolom. Keduanya jenis iklan ini memiliki perbedaan yang dan kelebihan masing-masing, dilihat dari berbagai sudut pandang pertimbangan.

Secara umum, ciri-ciri iklan baris yang sering kita temui di dalam koran memiliki karakteristik seperti :

  1. Iklan ditulis dengan teks yang singkat, biasanya terdiri dari 2, 3 hingga 4 baris
  2. Tidak ada ilustrasi gambar yang di iklankan, artinya hanya teks saja
  3. Kalimatnya pendek-pendek dan banyak menggunakan singkatan, tentu yg mudah dipahami pembaca
  4. Iklan dimuat berkelompok, seperti iklan baris lowongan kerja di iklan lowongan kerja, iklan penjualan rumah ditempatkan di iklan penjualan rumah, jadi secara berkelompok/tidak di campur adukan.
  5. Iklan wajib diisi dengan informasi nomor telepon si pembuat iklan
  6. Kelebihannya, iklan baris lebih murah dari jenis-jenis iklan lain.

Jenis-Jenis Iklan Baris

Setelah mengetahui pengertian iklan baris seperti yang sudah dijelaskan pada ciri-ciri iklan baris diatas, yakni iklan dikelompokkan pada kategorinya masing-masing. Lalu ada berapa jenis iklan baris? Menurut jenisnya, iklan baris dikelompokkan menjadi 4, yaitu iklan penawaran barang dan jasa, iklan pencarian, iklan penjualan dan iklan lowongan.

Iklan penawaran barang dan jasa biasanya paling banyak kita lihat saat membaca koran. Jenis iklan ini memang menjadi buruan para pembuat iklan, sebab dengan harga yang murah mereka bisa membuat iklan sebanyak mungkin sehingga keuntungan dilihatnya iklan menjadi semakin banyak.

Iklan pencarian dapat berupa iklan pencarian orang hilang, barang hilang atau jenis iklan pencarian lain yang sedang dibutuhkan untuk segera ditemukan oleh si pembuat iklan. Kemudian iklan penjualan isinya berkaitan dengan penjualan produk baru yang memang mestinya harus dipromosikan agar masyarakat lebih dapat cepat mengetahuinya.

Jenis iklan baris yang terakhir adalah iklan lowongan kerja. Baik itu si pembuat iklan yang sedang mencari orang untuk bekerja di tempatnya, seperti mencari guru, karyawan dan masih banyak lagi. Maupun iklan lowongan menawarkan diri untuk bekerja dengan bakat-bakat dan keahlian yang disajikan dalam iklan.

Contoh Iklan Baris

Dari banyaknya contoh iklan baris, yang paling sering kita jumpai adalah iklan baris penjualan rumah. Mungkin karena banyak orang ingin pindah rumah atau mungkin karena keuntungan dari jualan rumah sangat menggiurkan. Oleh sebab itu jenis iklan baris ini begitu mudah kita temui. Nah berikut ini beberapa contohnya :

  • Jual Rumah HM, Klapa Gading Blok D.170 LT=100m2 (10x 12) Fullbang, 2 Lantai, 3KT, 2KM, Hrg 500jt Nego. Hub:0822112211**
  • DJUAL RMH BARU dipusat kt Purwokerto, Lt130/190 KT4,KM2,KP1, 1400/1300W,Grsi,AC ,Dkt TOL.750Jt.BU.Jl.Laras 1 Rt4/8 Jtwrngin. T. 0892219921**
  • DIJUAL CEPAT, rmh 3 lantai di Komp.Villa Asean, Pd. Cabe TangSel,SHM, LT 1.100m2, LB -+600m2, Hub: Budi: 082112112**

Itulah 3 contoh iklan baris penjualan rumah beserta ulasan lengkap mengenai pengertian iklan baris beserta ciri dan jenisnya. Jika dirasa contohnya kurang lengkap silahkan bisa lihat-lihat lagi di artikel berikut ini :

  1. Contoh Iklan Baris Lowongan Kerja
  2. Contoh Iklan Baris Penjualan Rumah
  3. Contoh Iklan Baris Jual HP
6 Comments