Jawaban Pengertian Pantun Kanak-Kanak Muda dan Pantun Tua Tuliskan dalam Kolom Berikut

Pengertian Pantun Kanak-Kanak Muda dan Pantun Tua tuliskan dalam kolom berikut, pembahasan kunci jawaban tema 4 kelas 5 halaman 28 30 31 32 33. Tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 1 Peredaran Darahku Sehat di buku tematik siswa sekolah dasar.

Untuk menjawab soal dengan benar, kalian baca terlebih dahulu materi lengkap dari halaman 28 sampai 33 di buku tematik siswa SD revisi 2017. Simak penjelasan materi singkat berikut!

Pengertian Pantun Kanak-Kanak Muda dan Pantun Tua

Tugas kelompok telah diselesaikan dengan cepat oleh Siti dan temantemannya. Lani, Beni, dan Udin ditunjuk untuk mewakili kelompoknya membacakan pantun yang telah dibuat. Lani bertugas membaca pantun kanak-kanak, pantun muda, dan pantun tua. Berikut contoh pantun tua.

Tingkap papan kayu persegi
Sampan sakat di Pulau Angsa
Indah tampan karena budi
Tinggi derajat karena bahasa

Pantun diatas adalah pantun kanak-kanak, pantun muda, dan pantun tua. Semuanya hasil kerja kelompok Siti. Semua pantun dibuat empat baris. Dua baris dalam setiap bait pantun di atas merupakan sampiran. Dua baris berikutnya merupakan isi pantun. Ingatkah kamu pengertian pantun kanakkanak, pantun muda, dan pantun tua? untuk mengingatnya, kerjakan soal berikut.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 SD Halaman 30

Apakah pantun kanak-kanak, pantun muda, dan pantun tua? Tuliskan dalam kolom berikut!

Jawaban :

Pantun kanak-kanak adalah pantun yang memiliki kaitan dengan masa kanak-kanak.

Pantun muda adalah pantun yang memiliki kaitan dengan kehidupan masa muda yang berisi atau bermakna perkenalan, hubungan asmara dan rumah tangga, dan perasaan.

Pantun tua adalah pantun yang berkaitan mengenai orang tua, budaya, agama, dan nasihat.

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 4 kelas 5 SD halaman 30 tentang Pengertian Pantun Kanak-Kanak Muda dan Pantun Tua. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 4 subtema 1 Peredaran Darahku Sehat di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat!