Percobaan Membuat Rangkaian Listrik Sederhana Nama Bahan dan Alat

Percobaan membuat rangkaian listrik sederhana seperti pada senter, tentukan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat 1 rangkaian sederhana. Kemudian jelaskan fungsi dan jumlah alat bahan yang digunakan. Pembahasan kunci jawaban soal tema 3 kelas 6 SD di buku tematik halaman 6.

Tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia. Pembahasan kali ini merupakan lanjutan soal sebelumnya, di mana kalian telah menjawab pertanyaan tentang 4 komponen pada senter baterai beserta fungsinya.

Percobaan Membuat Rangkaian Listrik Sederhana Nama Bahan dan Alat

Rangkaian listrik pada senter terdapat pada baterai yang diletakkan sebaris. Pada rangkaian seri lampu, lampu-lampu juga diletakkan sejajar dalam satu baris.

Arus listrik yang mengalir pada rangkaian seri hanya berada dalam satu aliran kabel yang menghubungkan semua lampu. Rangkaian seri lampu biasa terdapat pada hiasan lampu pohon natal.

Nah, sekarang ayo kita coba membuat rangkaian listrik sederhana seperti pada senter.

Percobaan Membuat Rangkaian Listrik Sederhana

Bahan, Fungsi dan Jumlah yang Diperlukan

1. Baterai 1,5 Volt, fungsinya sebagai sumber arus listrik (jumlah 2 buah)
2. Kabel, untuk mengalirkan listrik (jumlah 40 cm)
3. Sakelar on-off atau switch, fungsinya untuk menyambung dan memutuskan arus listrik (jumlah 1 buah)
4. Botol bekas minuman, untuk wadah rangkaian batu baterai (jumlah 1 buah)
5. Lampu dan fitingnya, sebagai sumber cahaya (1 buah)
6. Lakban atau selotip, untuk merekatkan baterai dan kabel (jumlah 1 rol)

Alat yang Digunakan, Fungsi dan Jumlah yang Diperlukan

1. Gunting, untuk memotong kabel (1 buah)
2. Cutter, untuk memotong kabel (1 buah)

Itulah alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk membuat rangkaian listrik sederhana. Persiapkan alat dan bahan tersebut pada pertemuan berikutnya!

“Listrik adalah salah satu penemuan yang sangat penting. Ayo, kita bahas lebih lanjut tentang penemuan listrik dan pengaruhnya terhadap kehidupan dan peradaban manusia.”

Demikian pembahasan singkat kunci jawaban soal tema 3 kelas 6 subtema 1 halaman 6. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 1 Penemu yang Mengubah Dunia. Terimakasih, selamat belajar!