Perhatikan Gelas yang Berisi Air Es, Apa yang Terjadi Pada Bagian Luar Gelas?

Perhatikan gelas yang berisi air es! Apa yang terjadi pada bagian luar gelas? Apa yang menyebabkan hal itu terjadi? Tuliskan dan sampaikan pendapatmu! Pembahasan kunci jawaban soal tema 3 kelas 3 SD/MI di buku tematik halaman 152. Tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 3 Perubahan Wujud Benda.

Perhatikan Gelas yang Berisi Air Es Apa yang Terjadi Pada Bagian Luar Gelas

Pembahasan kali merupakan lanjutan dari soal sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan tugas tentang soal matematika pada pembelajaran 3.

Ayo Mengamati!

Perhatikan gelas yang berisi air es! Apa yang terjadi pada bagian luar gelas? Apa yang menyebabkan hal itu terjadi? Tuliskan dan sampaikan pendapatmu!

Jawaban : 

Saat gelas diisi es, gelas menjadi dingin. Udara yang ada di sekeliling gelas mengandung uap air. Saat gelas diisi es, gelas menjadi dingin. Udara yang bersentuhan dengan gelas dingin ini akan turun suhunya.

Uap air yang ada di udara pun ikut mendingin. Jika suhunya sudah dingin, uap air ini akan mengembun membentuk tetes-tetes air di bagian dinding luar gelas.

Ayo Membaca!

Mengembun adalah proses perubahan wujud dari gas menjadi cair. Ada dua contoh peristiwa mengembun dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kalian memasukkan pecahan-pecahan es batu ke dalam gelas. Sisi luar gelas mula-mula kering. Beberapa saat kemudian, sisi luar gelas terdapat bintik-bintik air.

Perhatikan ketika kalian naik mobil pada saat cuaca cerah. Kaca jendela mobil bagian dalam kering. Ketika hujan turun, kaca mobil bagian dalam menjadi buram. Apabila kalian menempelkan telapak tangan pada kaca, telapak tangan menjadi basah. Bagaimana kedua peristiwa itu dapat terjadi?

Mungkinkah es yang mencair dapat menembus gelas? Mengapa sisi luar gelas menjadi basah? Kamu perlu memahaminya. Bacalah penjelasan berikut ini!

Udara di sekitarmu banyak mengandung uap air. Ketika uap air bersentuhan dengan benda-benda yang lebih dingin (suhunya rendah), maka berubah menjadi bintik-bintik air. Jadi, tetes-tetes air di sisi luar gelas bukan berasal dari dalam gelas. Akan tetapi, tetes-tetes air berasal dari uap air di sekitarnya.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 3 kelas 3 SD halaman 152 tentang pengamatan air es. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 4 subtema 3 Perubahan Wujud Benda.