Peristiwa Apa Saja yang Terjadi Menunjukkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Berdasarkan artikel di atas bersama dengan teman sebangkumu cobalah untuk mencari tahu dengan saksama peristiwa apa saja yang terjadi menunjukkan persatuan dan kesatuan bangsa, pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 105 tepatnya pada materi pembelajaran 3 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

peristiwa apa saja yang terjadi menunjukkan persatuan dan kesatuan bangsa

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal jika kamu adalah penulis cerita berkunjung ke Observatorium Bosscha di atas lengkap di buku tematik siswa.

Ayo Membaca

Bacalah artikel tentang upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan berikut ini dengan saksama.

Tradisi Ngayah di Masyarakat Bali

Kehidupan masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi kebersamaan telah menjadi norma yang diturunkan dari para nenek moyang. Persatuan dan kesatuan diwujudkan dalam kegiatan sehari-hari di kalangan masyarakat tradisional yang tetap terpelihara dan dianggap penting hingga kini. Salah satunya adalah tradisi ngayah yang dilakukan masyarakat Bali.

Ngayah berarti mengerjakan sesuatu secara sukarela untuk kebaikan bersama. Tidak hanya pada saat mempersiapkan kegiatan keagamaan, ngayah juga dilakukan masyarakat dalam kehidupan keseharian. Saling berbincang dan menyapa di pagi hari sebelum masyarakat mulai bekerja, merupakan salah satu kegiatan ngayah yang sering dilakukan.

Ngayah dilakukan untuk saling berbagi, tolong menolong dan bermasyarakat. Ngayah juga berarti menyumbang. Tidak hanya menyumbang secara materi, ngayah juga berarti menyumbang dalam bentuk jasa dan kebersamaan. Di setiap acara keagamaan yang dilakukan bersama-sama, setiap anggota masyarakat akan melibatkan dirinya, baik dengan materi maupun tenaga untuk menyukseskan acara tersebut.

Sumber bacaan dan gambar: www.bobo.grid.id dengan penyesuaian

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 105

Ayo Berdiskusi

Banyak peristiwa di sekitar kita yang menunjukkan persatuan dan kesatuan bangsa. Berdasarkan artikel di atas, bersama dengan teman sebangkumu cobalah untuk mencari tahu dengan saksama peristiwa apa saja yang terjadi menunjukkan persatuan dan kesatuan bangsa. Jelaskan juga bagaimana peristiwa-peristiwa itu berhubungan dengan sila-sila dalam Pancasila. Tuliskanlah hasil diskusimu di atas selembar kertas, lalu bacakanlah secara bergiliran di dalam diskusi kelas. Tempelkanlah hasil diskusimu di papan tulis.

Jawaban :

– Ngayah berarti mengerjakan sesuatu secara sukarela untuk kebaikan bersama. Sesuai dengan nilai sila ke-5 yaitu mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong.

– Saling berbincang, dan menyapa di pagi hari sebelum masyarakat mulai bekerja. Sesuai dengan nilai sila ke-5 yaitu mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong. Selain itu, sesuai dengan nilai sila ke-3 yaitu memajukan persatuan dan kesatuan bangsa.

– Ngayah dilakukan untuk saling berbagi, tolong menolong dan bermasyarakat. Sesuai dengan nilai sila ke-2 yaitu gemar melakukan kegiatan kemanusiaan, mengembangkan sikap tenggang rasa dan tepa selira.

– Tidak hanya menyumbang secara materi, Ngayah juga berarti menyumbang dalam bentuk jasa dan kebersamaan. Sesuai dengan nilai sila ke-3 rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.

– Setiap anggota masyarakat akan melibatkan dirinya, baik dengan materi maupun tenaga. Sesuai dengan nilai sila ke-3 yaitu mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 105 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: Pembelajaran 4 subtema 2