Peristiwa Peratuan dan Kesatuan Apa yang Dijelaskan dalam Bacaan di Atas

Peristiwa peratuan dan kesatuan apa yang dijelaskan dalam bacaan di atas dampak persatuan dan kesatuan terhadap diri sendiri, pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 169 tepatnya pada materi pembelajaran 3 Subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Peristiwa Peratuan dan Kesatuan Apa yang Dijelaskan dalam Bacaan di Atas

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal cerita wisata batik trusmi lengkap di buku tematik siswa.

Ayo Membaca

Dampak Persatuan dan Kesatuan terhadap Diri Sendiri

Berbagai peristiwa persatuan kesatuan terjadi di sekitar kita dengan atau tanpa kita sadari. Setiap peristiwa tersebut memberikan dampak terhadap sekitarnya, baik individu, masyarakat luas, maupun terhadap bangsa dan negara maupun kepada masyarakat.

Salah satu dampak peristiwa persatuan dan kesatuan terhadap diri sendiri adalah munculnya sikap tenggang rasa, dan rasa senasib sepenanggungan. Ketika berbagai pihak bersepakat untuk menyatukan tujuan bersama, setiap anggota akan merasa diuntungkan karena tujuan bersama mereka tercapai. (Baca secara lengkap di buku tematik)

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 169

Ayo Menulis

A. Menjawab pertanyaan.

1. Peristiwa peratuan dan kesatuan apa yang dijelaskan dalam bacaan di atas?
Jawaban : Pemerintah Daerah Cirebon bekerjasama dengan pengusaha dan perajin batik untuk meningkatkan nilai jual batik Trusmi.

2. Bagaimana dampak peristiwa tersebut terhadap setiap pihak yang terlibat?
Jawaban : Setiap pihak yang terlibat mendapatkan manfaat yang baik dengan peristiwa persatuan dan kesatuan tersebut. Pemerintah Daerah mendapatkan pajak, pengusaha dan pengrajin mendapat keuntungan dari penjualan batik.

B. Menceritakan pengalaman Bersama dengan temanmu, ceritakanlah sebuah pengalaman tentang peristiwa persatuan dan kesatuan yang melibatkanmu. Tuliskanlah cerita tersebut dalam bentuk gambar berseri. Lakukanlah analisis bagaimana peristiwa itu berhubungan dengan persatuan dan kesatuan Lakukanlah analisis dampak peristiwa tersebut terhadap dirimu sendiri. Jelaskanlah dampak peristiwa tersebut dalam bentuk gambar dan ceritakanlah di depan kelas.

Jawaban : Pada saat itu aku mengikuti kegiatan gotong royong membersihkan kelas masing-masing. Aku dan teman-temanku membersihkan kelas bersama sama. Ada yang menyapu, mengepel, membersihkan jendela, kursi, meja, dll. Kegiatan tersebut dapat mempererat tali persaudaraan juga pekerjaan menjadi cepat selesai. Peristiwa gotong royong berhubungan erat dengan persatuan dan kesatuan. Misalnya pada saat teman yang lain mengalami kesusahan memindahkan barang barang dikelas kita bersama sama memindahkan agar pekerjaan menjadi ringan. Dampak peristiwa persatuan bagi diri sendiri adalah kegiatan pembelajaran berjalan nyaman sehingga dapat belajar dengan maksimal dalam kelas.

Ayo Renungkan

Dampak modernisasi apa sajakah yang menurutmu paling memengaruhimu? Mengapa? Bagaimana caramu untuk menghadapi dampak modernisasi tersebut?

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 169 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 Subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: