Peristiwa yang Terjadi Bacaan Demi Air Bersih Warga Waborobo

Peristiwa yang terjadi bacaan Demi Air Bersih Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer, pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 3 tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 1 Manusia dan Lingkungan di buku tematik siswa sekolah dasar.

Peristiwa yang terjadi bacaan Demi Air Bersih Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Apakah lingkungan berguna bagi manusia? mengapa di buku tematik.

Ayo Membaca

Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer

Warga Kelurahan Waborobo, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara sulit mencari air bersih. Mereka harus menempuh perjalanan hingga sejauh 15 kilometer dari tempat tinggalnya untuk mendapatkan air bersih. Mereka terpaksa mengambil air bersih di Kelurahan Kaisabu Baru, Kecamatan Sorawolio. Mereka biasanya menumpang mobil dan membawa beberapa jeriken ukuran 15 liter. Jeriken itu digunakan untuk menampung air yang mengalir dari aliran sebuah anak sungai di Kelurahan Kaisabu Baru.

Letak Kelurahan Waborobo berada di dataran tinggi. Di daerah itu air tanah sulit didapat. Kalau pun ada, air hanya sedikit. Daerah itu juga belum mendapatkan akses aliran air bersih, karena pipa-pipa PDAM belum mencapai ke daerah sana. Warga Kelurahan Waborobo sangat membutuhkan air dan sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah untuk keperluan tersebut.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 3

Kamu telah membaca bacaan ”Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer”. Peristiwa apa yang terdapat pada bacaan? Carilah, lalu lengkapilah gambar peta pikiran berikut.

Jawaban :

Peristiwa yang terjadi?
Jawaban : Warga di sebuah desa harus menempuh perjalanan jauh untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Dimana peristiwa terjadi?
Jawaban : Peristiwa terjadi di kelurahan Waborobo, kec. Betoambari kota Baubau Sulawesi Tenggara.

Apa penyebab peristiwa itu terjadi?
Jawaban : Peristiwa terjadi karena kelurahan Waborobo terletak di dataran tinggi. Di daerah itu air tanah sulit didapat.

Air sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan berbagai kegiatan di bumi. Apa fungsi penting air bagi manusia dan kehidupan di bumi? Ayo, diskusikan.

Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu (4-5 orang).

1. Apa fungsi air bagi manusia?
2. Apa fungsi air bagi hewan?
3. Apa fungsi air bagi tumbuhan?

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 8 kelas 5 SD Halaman 3 tentang Peristiwa yang terjadi bacaan Demi Air Bersih Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 1 subtema 1 Manusia dan Lingkungan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: