3 Pertanyaan Berdasarkan Bacaan Indahnya Kebun Teh di Puncak Bogor

Buatlah paling sedikit tiga pertanyaan berdasarkan bacaan Indahnya Kebun Teh di Puncak Bogor dengan menggunakan kalimat tanya yang tepat dalam membuat, pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 5 halaman 78 81 tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 2 Hubungan Antar makhluk Hidup dalam Ekosistem di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Apakah manfaat yang diperoleh rakyat Indonesia dengan adanya peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di buku tematik.

Buatlah paling sedikit tiga pertanyaan berdasarkan bacaan Indahnya Kebun Teh di Puncak Bogor

Indahnya Kebun Teh di Puncak, Bogor

Puncak adalah sebuah kawasan wisata pegunungan yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Kawasan Puncak terletak 70 km sebelah selatan Jakarta. Kawasan ini terletak di kaki dan lereng Pegunungan Gede-Pangrango dan sebagian besar merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango.

Di kawasan ini terdapat sebuah perkebunan teh yang telah dibangun sejak masa pemerintahan kolonial Belanda. Perkebunan ini kini berubah nama menjadi PT Perkebunan Nusantara VIII, Gunung Mas. Perkebunan teh ini membentang di antara bukit-bukit yang ada di kawasan Puncak. Tanaman teh ditanam sedemikian rupa sehingga menghasilkan pemandangan alam yang indah. Tanaman teh ditanam dengan rapi sesuai kontur perbukitan. Selain keindahan alam, kesejukan kawasan ini menjadikan Puncak sebagai daerah kunjungan wisata yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan.

Dikarenakan posisinya yang berada di kaki dan lereng pegunungan Gede Pangrango, udara kawasan ini menjadi sejuk bahkan cenderung dingin. Inilah yang membuat daerah Puncak, Bogor sangat cocok untuk budidaya tanaman perkebunan. Selain perkebunan teh, di daerah Puncak dapat kita temui juga perkebunan kopi, pala, tanaman hias, dan perkebunan buah seperti stroberi dan sayur-mayur.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 78

Ayo Berlatih

1. Membuat pertanyaan berdasarkan bacaan.
a. Buatlah paling sedikit tiga pertanyaan berdasarkan bacaan dengan menggunakan kalimat tanya yang tepat! Jangan lupa untuk menggunakan tanda baca dan ejaan yang tepat.

Jawaban :

1. Di mana letak kawasan Puncak?
2. Kapan perkebunan teh di kawasan Puncak dibangun?
3. Mengapa kawasan Puncak sangat cocok untuk budidaya tanaman perkebunan?

b. Tuliskanlah dengan rapi pertanyaanmu, dan berikan tempat untuk menjawabnya!

Jawaban :

1. Terletak di kawasan Puncak terletak di wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.
2. Perkebunan teh di kawasan Puncak dibangun sejak masa pemerintahan kolonial Belanda.
3. Kawasan Puncak sangat cocok untuk budidaya tanaman perkebunan karena kawasan ini sejuk bahkan cenderung dingin.

Ayo Berdiskusi
Berdasarkan bacaan Bersatu untuk Indonesia Makmur di atas, lakukanlah kegiatan berikut bersama dengan kelompokmu.

1. Diskusikan:
a. Manfaat persatuan dan kesatuan dalam mengelola sumber daya alam dan hasil bumi.
b. Hal-hal yang dapat terjadi jika sumber daya alam dan hasil bumi tidak dikelola dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan.
c. Berikan contoh menggunakan dua daerah yang mempunyai ketampakan dan sumber daya alam yang berbeda.

Jawaban, buka disini: Manfaat Persatuan dan Kesatuan dalam Mengelola Sumber Daya Alam dan Hasil Bumi

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 5 kelas 5 SD halaman 78 tentang Pertanyaan Berdasarkan Bacaan Indahnya Kebun Teh di Puncak Bogor. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 4 subtema 2 Hubungan Antar makhluk Hidup dalam Ekosistem di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian:

One Comment