Pertanyaan dan Jawaban Bacaan Perubahan dalam Jaring-Jaring Makanan

Buatlah beberapa pertanyaan dan jawaban berdasarkan pokok pikiran yang ada pada setiap paragraf dari bacaan Perubahan dalam Jaring-Jaring Makanan tersebut, pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 5 halaman 108 109 110 111 tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 3 Keseimbangan Ekosistem di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Apa Perbedaan Antara Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan di buku tematik.

Pertanyaan dan Jawaban Berdasarkan Pokok Pikiran Bacaan Perubahan dalam Jaring-Jaring Makanan

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 108

Ayo Berlatih

Bersama dengan teman sebangkumu, buatlah beberapa pertanyaan berdasarkan pokok pikiran yang ada pada setiap paragraf dari bacaan tersebut. Usahakanlah untuk membuat dua atau lebih pertanyaan dari setiap paragraf dengan menggunakan kata tanya yang berbeda. Catatlah pertanyaanmu di dalam tabel seperti contoh berikut ini. Berikan ruang untuk menjawab pertanyaan tersebut. Tukarkan tabelmu dengan tabel pertanyaan kelompok lain. untuk dijawab. Setelah selesai, kembalikanlah tabel tersebut. Pastikan kamu menuliskan jawaban dengan menggunakan kalimat lengkap dan ejaan yang benar

Jawaban :

Paragraf Pertanyaan Jawaban
1 – Apa penyebab meningkatnya jumlah hewan atau konsumen yang memakan padi?
– Mengapa jumlah ular sawah dapat meningkat?
– Kapan tumbuhan tumbuh subur?
– Penyebabnya yaitu karena jumlah tanaman padi meningkat.
– Karena meningkatnya jumlah tikus sawah.
– Tumbuhan tumbuh subur pada musim hujan.
2 – Mengapa rantai makanan dapat terganggu?
– Bagaimana jika jika tidak ada padi?
– Apa syarat rantai makanan pada sebuah ekosistem tidak akan terputus?
– Karena salah satu dari penyusun rantai makanan tersebut tidak ada.
– Jika jika tidak ada padi tikus sawah akan kelaparan, ular sawah pun demikian, sehingga burung elang pun kesulitan mendapatkan makanan.
– Rantai makanan pada sebuah ekosistem tidak akan terputus selama semua bagian dari rantai tersebut tetap berperan.
3 – Bagaimana dampak pencemaran lingkungan dan pemanasan global terhadap jaring-jaring makanan?
– Apa yang mepenyebabkan jaring-jaring makanan terganggu?
– Mengapa perubahan-perubahan yang bersifat alami dalam ekosistem, tidak akan memberikan gangguan yang berarti?
– Pencemaran lingkungan dan pemanasan global memberikan dampak yang besar terhadap perubahan pada jaring-jaring makanan.
– Jaring-jaring makanan akan terganggu jika salah satu rantai makanan terganggu.
– Karena perubahan-perubahan tersebut berlangsung lambat.

Ayo Menulis
Berdasarkan pengamatanmu, tuliskan pengalamanmu pada sebuah tulisan yang terdiri atas tiga paragraf. Paragraf pertama tentang perubahan yang mungkin terjadi. Paragraf kedua menjelaskan akibat perubahan terhadap makhluk hidup yang ada pada jaring-jaring makanan. Paragraf ketiga menjelaskan kesimpulan dari perubahan tersebut terhadap keberlangsungan jaring-jaring makanan. Tuliskan pada bukumu dengan tulisan yang rapi dan jelas, Jangan lupa untuk menggunakan kosakata baku dan ejaan bahasa Indonesia yang benar.

Jawaban, buka disini: Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 108 109 110 111

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 5 kelas 5 SD halaman 108 tentang Pertanyaan dan Jawaban Bacaan Perubahan dalam Jaring-Jaring Makanan. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 2 subtema 3 Keseimbangan Ekosistem di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: