Pertanyaan Tentang Bacaan Galileo Galilei Mencoba Untuk Membuktikan

Tulislah 5 pertanyaan tentang bacaan Galileo Galilei mencoba untuk membuktikan di atas atau tentang hal-hal yang ingin kamu ketahui, pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 142 tepatnya pada materi pembelajaran 1 Subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Pertanyaan tentang bacaan Galileo Galilei mencoba untuk membuktikan di atas

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal penemuan Galileo Galilei dan dampak penemuan Galileo Galilei lengkap di buku tematik siswa.

Ayo Membaca

Galileo Galilei, Mencoba untuk Membuktikan

Pasti kamu pernah mendengar nama Galileo Galilei. Ia adalah seorang ilmuwan asal Italia kelahiran tahun 1564. Sumbangan penemuannya memberi banyak pengaruh pada dunia ilmu pengetahuan. Galileo tidak selalu menjadi penemu, tetapi ia dapat menggunakan sebuah penemuan untuk menghasilkan penemuan besar lainnya.

Galileo bukanlah penemu teleskop yang pertama. Akan tetapi ia mengetahui tentang penemuan teleskop saat itu dari seorang pembuat kacamata dari Belanda. Ia lalu tertarik untuk mengembangkan teleskop buatannya sendiri. Lalu ia memanfaatkannya untuk melakukan pengamatan dunia angkasa luar. Pada bulan Maret 1610, Galileo mempublikasikan sebuah buklet kecil yang berjudul The Starry Messenger. Buklet ini mengungkapkan beberapa penemuan angkasa luar yang menarik. Salah satu penemuan Galileo saat itu adalah tentang bulan. Ia menemukan bahwa permukaan bulan tidak rata dan halus, seperti yang digambarkan dalam puisi-puisi. Bulan ternyata dipenuhi kawah dan gunung.

Galileo juga menemukan planet-planet lain termasuk Saturnus yang memiliki lingkar seperti cincin. Ia menemukan Venus yang memiliki beberapa fase seperti Bulan, lalu bukti bahwa Venus berputar mengelilingi Matahari. Ia juga menemukan fakta bahwa Jupiter memiliki satelit sendiri yang tidak berputar mengelilingi Bumi, melainkan Matahari. Penemuan-penemuan Galileo memperkuat teori Copernicus sebelumnya. Teori Copernicus menyatakan bahwa Bumi bukanlah pusat tata surya, tetapi Matahari, karena planet-planet mengelilingi Matahari. (Baca secara lengkap di buku tematik)

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 142

Buatlah beberapa pertanyaan tentang bacaan di atas atau tentang hal-hal yang ingin kamu ketahui lebih dalam. Tuliskanlah pertanyaanmu di dalam kotak yang tersedia berikut ini.

Pertanyaanku :
1. Apa saja penemuan Galileo Galilei?
2. Siapa nama ilmuwan terkenal asal italia yang menerbitkan buklet kecil yang berjudul The Starry Mesenger.
3. Bagaimana pendapat Galileo Galilei terhadap teori Copernicus?
4. Kapan Galileo Galilei menerbitkan buklet kecil yang berjudul The Satrry Messenger.
5. Di mana Galileo Galilei dilahirkan?

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.
1. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara komet dan planet.
2. Beberapa pengelompokan dalam sistem tata surya sudah pernah dilakukan selain pengelompokan planet berdasarkan garis edar Bumi. Pengelompokan sistem tata surya apa sajakah yang telah kamu ketahui? Bagaimana kamu membedakannya?

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 142 tentang pertanyaan tentang bacaan Galileo Galilei mencoba untuk membuktikan. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 1 Subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: