Peta Pikiran Peristiwa Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Peta Pikiran Peristiwa Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia – Pembahasan kunci jawaban soal kelas 6 SD/MI pada pembelajaran 4 tema 2 Persatuan dalam Perbedaan subtema 1 Rukun dalam Perbedaan di buku paket tematik halaman 27. Untuk mengerjakannya, kalian wajib membaca isi tentang informasi penting pada teks bacaan tersebut.

Persatuan sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Segala perbedaan yang ada dikesampingkan untuk kepentingan bersama. Terkadang perbedaan yang dimiliki oleh suatu kelompok dapat memperkaya keputusan yang diambil. Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, terdapat beberapa peristiwa penting yang perlu kita ketahui, di antaranya sebagai berikut.

Peristiwa Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Tanggal 9 Agustus 1945, Ir. Soekarno, Moh. Hatta dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat pergi ke Dalat, Saigon untuk bertemu dengan Marsekal Terauchi, Panglima Besar Tentara Jepang di Asia Tenggara. Panglima tersebut menyampaikan informasi kepada pemerintah Indonesia bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

Saat itu tentara Jepang sedang terdesak oleh tentara sekutu. Beberapa wilayah Jepang dijatuhi bom oleh tentara musuh. Untuk menarik simpati rakyat Indonesia, Jepang memutuskan untuk menghadiahkan kemerdekaan.

Pertemuan antara Panglima Jepang dan Pemerintah Indonesia memicu pertentangan di dalam negeri. Terjadilah perbedaan pendapat antara tokoh golongan tua dan golongan muda. Golongan muda tidak ingin kemerdekaan Indonesia diatur oleh Jepang. Mereka menginginkan proses kemerdekaan Indonesia disiapkan oleh bangsa Indonesia tanpa ada campur tangan asing.

Berdasarkan bacaan tersebut, tulislah informasi penting pada peta pikiran berikut!

Jawaban :

Peta Pikiran Peristiwa Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Pertemuan di Dalat

Apa peristiwa yang terjadi pada bacaan diatas? Pertemuan di Dalar, Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

Mengapa Marsekal Terauchi memanggil ketiga tokoh tersebut?
– Jepang terdesak oleh sekutu
– Untuk menarik simpati rakyat Indonesia

Siapa saja tokoh yang pergi menemui Panglima Besar Tentara Jepang?
1. Ir Soekarno
2. Moh. Hatta
3. Dr. Radjiman Wedyodiningrat
4. Marsekal Terauchi

Bagaimana keadaan Indonesia setelah adanya pertemuan tersebut?
Perbedaan pendapat golongan tua & muda. Golongan muda tidak ingin kemerdekaan diatur oleh Jepang, dan ingin disiapkan tanpa campur tangan asing.

Kapan tentara Jepang terdesak oleh tentara Sekutu? 9 Agustus 1945

Dimana pertemuan antara Tentara Jepang dan Pemerintah Indonesia? Dalat, Saigon Vietnam

Demikian pembahasan soal kelas 6 SD pada pembelajaran 4 tema 2 subetema 1 Rukun dalam Perbedaan tentang Peta Pikiran Peristiwa Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!