Peta Pikiran Tentang Perjanjian Renville Tema 2 Kelas 6 Halaman 78

Peta Pikiran Tentang Perjanjian Renville – Pembahasan kunci jawaban soal kelas 6 SD/MI pada pembelajaran 4 tema 2 Persatuan dalam Perbedaan subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan di buku paket tematik halaman 78. Untuk mengerjakannya, kalian wajib membaca tentang isi informasi penting pada teks bacaan tersebut.

Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidak hanya dilakukan melalui pertempuran, namun juga dilakukan melalui jalur diplomasi, perjanjian, dan perundingan, seperti Perjanjian Linggarjati, Perjanjian Renville, Perjanjian Roem Roijen, dan Konferensi Meja Bundar (KMB).

Amatilah dan baca teks dalam hati!

Perjanjian Renville
(8 Desember 1947 – 17 Januari 1948)

Perjanjian ini dilakukan antara Indonesia dan Belanda. Perjanjian ini ditandatangani pada tanggal 17 Januari 1948 di atas kapal perang Amerika Serikat (USS Renville), yang berlabuh di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Perundingan dimulai pada tanggal 8 Desember 1947. Perundingan ini ditengahi oleh Komisi Tiga Negara (KTN), yaitu Amerika Serikat, Australia, dan Belgia.

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Amir Syarifuddin. Delegasi Kerajaan Belanda dipimpin oleh R. Abdul Kadir Widjojoatmodjo.

Hasil Perundingan:
1. Belanda hanya mengakui Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Sumatra sebagai bagian wilayah Republik Indonesia.
2. Disetujuinya sebuah garis yang memisahkan wilayah Indonesia dan daerah pendudukan Belanda.
3. TNI harus ditarik mundur dari daerah-daerah kantongnya di wilayah pendudukan di Jawa Barat dan Jawa Timur.

Setelah membaca teks di atas, lengkapi peta pikiran berikut dengan menggunakan kalimat efektif! Presentasikan peta pikiran yang telah kamu buat di depan kelas!

Jawaban :

Peta Pikiran Tentang Perjanjian Renville

1. Apa? Perjanjian Renville dilakukan antara Indonesia dan Belanda di atas kapal perang Amerika Serikat USS Renville.
2. Mengapa? Diadakannya perundingan Renville karena pada perjanjian sebelumnya tidak disepakati oleh kedua pihak dan terjadinya Agresi Militer Belanda I.
3. Siapa? Delegasi Indonesia dipimpin oleh Amir Syarifuddin, Belanda oleh R. Abdul Kadir Widjojoatmadjo.
4. Bagaimana? Belanda mengakui Jawa Tengah, Yogyakarta dan Sumatera sebagai wilayah RI.
5. Kapan? 8 Desember 1947 – 17 Januari 1948
6. Dimana? Di atas kapal perang Amerika Serikat (USS Renville), yang berlabuh di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Demikian pembahasan soal kelas 6 SD pada pembelajaran 4 tema 2 subetema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan mengenai Peta Pikiran Tentang Perjanjian Renville. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!