Peta Pikiran Tentang Perjanjian Roem Royen Tema 2 Kelas 6 Halaman 78

Peta Pikiran Tentang Perjanjian Roem Royen / Roijen – Pembahasan kunci jawaban soal kelas 6 SD/MI pada pembelajaran 4 tema 2 Persatuan dalam Perbedaan subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan di buku paket tematik halaman 78. Untuk mengerjakannya, kalian wajib membaca tentang isi informasi penting pada teks bacaan tersebut.

Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidak hanya dilakukan melalui pertempuran, namun juga dilakukan melalui jalur diplomasi, perjanjian, dan perundingan, seperti Perjanjian Linggarjati, Perjanjian Renville, Perjanjian Roem Roijen, dan Konferensi Meja Bundar (KMB).

Amatilah dan baca teks dalam hati!

Perjanjian Roem-Roijen
(14 April 1949 – 7 Mei 1949)

Perjanjian ini dimulai pada tanggal 14 April 1949 dan ditandatangani pada tanggal 7 Mei 1949 di Hotel Des Indes, Jakarta.

Nama perjanjian ini diambil dari kedua pemimpin delegasi, Mohammad Roem dan Herman van Roijen.

Tujuan perjanjian ini adalah untuk menyelesaikan beberapa masalah mengenai kemerdekaan Indonesia sebelum KMB di Den Haag.

Hasil Pertemuan:
1. Angkatan bersenjata Indonesia akan menghentikan semua aktivitas gerilya. Pemerintah Republik Indonesia akan menghadiri KMB.
2. Pemerintah Republik Indonesia dikembalikan ke Yogyakarta.
3. Angkatan bersenjata Belanda akan menghentikan semua operasi militer dan membebaskan semua tawanan perang.

Setelah membaca teks di atas, lengkapi peta pikiran berikut dengan menggunakan kalimat efektif! Presentasikan peta pikiran yang telah kamu buat di depan kelas!

Jawaban :

Peta Pikiran Tentang Perjanjian Roem Royen

1. Apa? Perjanjian antara Indonesia dengan Belanda untuk menyelesaikan beberapa masalah mengenai kemerdekaan Indonesia
2. Mengapa? Diadakannya perjanjian Roem Royen disebabkan karena serangan militer Belanda terhadap kota Yogyakarta.
3. Siapa? Delegasi dari Indonesia bernama Mohammad Roem, dari Belanda Herman van Roijen
4. Bagaimana? Angkatan bersenjata Indonesia menghentikan aktivitas gerilya & pemerintah Republik Indonesia akan menghadiri KMB
5. Kapan? 14 April 1949 – 7 Mei 1949
6. Dimana? Di Hotel Des Indes, Jakarta

Demikian pembahasan soal kelas 6 SD pada pembelajaran 4 tema 2 subetema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan mengenai Peta Pikiran Tentang Perjanjian Roem Royen. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!