Pikiran Utama dan Informasi Penting Potensi Indonesia Sebagai Negara Maritim dan Agraris

Tentukanlah pikiran utama dan informasi penting pada setiap paragraf teks Potensi Indonesia Sebagai Negara Maritim dan Agraris, pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 5 halaman 122 124 125 128 129 tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 3 Keseimbangan Ekosistem di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Bagaimana Tanggapanmu Terhadap Poster Tersebut Indonesia Hebat di buku tematik.

Pikiran Utama Potensi Indonesia Sebagai Negara Maritim dan Agraris

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 124

Pada halaman 123 terdapat bacaan Potensi Indonesia sebagai Negara Maritim dan Agraris. Dari bacaan di atas, tentukanlah pikiran utama pada setiap paragraf. Lalu, carilah informasi penting dari paragraf tersebut. Tuliskanlah semua itu di dalam tabel di bawah ini.

Jawaban :

ParagrafPikiran UtamaInformasi Penting
1Letak geografis Indonesia sangat menguntungkan karena berada di tengah-tengah jalur perdagangan dunia.– Indonesia terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta Benua Asia dan Benua Australia.
– Sumber daya yang tersimpan di dalam laut Indonesia ternyata amat potensial.
– Beragam produk unggulan perikanan tersebar di seluruh wilayah Nusantara.
2Selain dikenal sebagai negara maritim, Indonesia juga merupakan sebuah negara agraris.– Indonesia sejak dahulu sudah terkenal sebagai penghasil rempah-rempah dan memiliki tanah yang subur.
– Peminat produk-produk hasil pertanian Indonesia ternyata banyak di luar negeri.
– Potensi maritim dan agraris di Indonesia berguna bagi kemakmuran dan kesejahteraan bangsa Indonesia.
3Sebagai negara kepulauan, sistem komunikasi dan transportasi menjadi faktor penting dalam kehidupan berbangsa dan meningkatkan perekonomian.– Jaringan komunikasi telah dibangun sehingga dapat menjangkau wilayah-wilayah terpencil di Indonesia.
– Jaringan komunikasi memudahkan berbagai transaksi ekonomi.
– Jaringan komunikasi juga membantu terbentuknya kesatuan bangsa.
4Sistem komunikasi dan sistem transportasi merupakan salah satu mata rantai yang tak terpisahkan dalam kegiatan ekonomi.– Pemenuhan kebutuhan barang didistribusikan melalui jaringan transportasi.
– Pemerintah membangun sistem transportasi udara yang lebih baik.
– Pemerintah juga membangun sistem transportasi darat yang makin baik.

Berdasarkan tabel di atas, buatlah kesimpulanmu dalam tulisan satu paragraf. Gunakan kosakata baru dari bacaan dan bahasamu sendiri, dan tuliskanlah kesimpulanmu dengan rapi di tempat yang telah tersedia.

Jawaban : Letak geografis negara Indonesia sangat menguntungkan, karena berada di tengah-tengah jalur perdagangan dunia. Selain dikenal sebagai negara maritim, negara ini juga merupakan sebuah negara agraris. Sebagai negara kepulauan, sistem komunikasi dan transportasi menjadi faktor penting dalam kehidupan berbangsa dan meningkatkan perekonomian. Sistem komunikasi dan sistem transportasi merupakan salah satu mata rantai yang tak terpisahkan dalam kegiatan ekonomi.

Ayo Berkreasi
Bersama dengan kelompokmu, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai perkembangan kehidupan masyarakat dilihat dari sektor ekonomi, sistem komunikasi, dan transportasi yang terdapat di Indonesia. Terutama yang merupakan akibat dari kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan dan negara agraris. Informasi dapat kalian peroleh dari internet, koran, atau majalah. Buatlah dalam selembar kertas gambar A4 dan tulislah dengan rapi informasi uyang diperoleh. Setelah selesai, tempelkan di dinding kelas. Upayakan semua kelompok melihat hasil kegiatan dari semua kelompok.

Jawaban, buka disini: Perkembangan Kehidupan Masyarakat Sektor Ekonomi Sistem komunikasi dan Transportasi di Indonesia

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 5 kelas 5 SD halaman 124 tentang Pikiran Utama Potensi Indonesia Sebagai Negara Maritim dan Agraris. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 4 subtema 3 Keseimbangan Ekosistem di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat!