Posisi Tubuh dan Gerak Lengan dalam Renang Gaya Dada

Jelaskan bagaimana posisi tubuh dan gerak lengan dalam renang gaya dada yang baik dan benar? Sebelum mempelajari kedua teknik renang gaya dada ini, sebaiknya kamu pelajari terlebih dahulu gerakan meluncur dan cara melakukan gerakan kaki pada renang gaya dada agar lebih mudah dalam mempelajari salah satu jenis gaya renang ini.

Salah satu keberhasilan dalam mempraktikkan renang gaya dada adalah dengan memahami seluruh teknik dasarnya. Bagaimana posisi tubuh dan gerakan kaki yang benar dapat kalian ketahui setelah membaca pembahasan berikut ini.

Posisi Tubuh dalam Renang Gaya Dada

Dalam renang gaya dada, posisi tubuh juga berperan penting. Posisi tubuh yang benar memudahkan tubuh mengapung. Amatilah posisi tubuh seperti gambar berikut!

Posisi Tubuh dan Gerak Lengan dalam Renang Gaya Dada
Papan pembelajaran dapat dimanfaatkan untuk belajar mengapung.

Bagaimana cara melakukan gerak mengapung? Awalnya, ambil posisi telungkup menghadap permukaan air. Posisi tubuh mengapung. Kedua lengan diluruskan ke depan, telapak tangan dijulurkan ke depan. Kemudian, kedua tungkai diluruskan ke belakang. Pertahankan posisi badan tetap seimbang dan di permukaan air.

Gerakan Lengan dalam Renang Gaya Dada yang Benar

Gerakan lengan dalam renang gaya dada berperan sebagai tenaga pendorong. Latihan gerakan lengan dapat dilakukan di kolam dangkal. Agar kamu lebih mahir, praktikkan langkah-langkah berikut.

1. Luruskan kedua tangan dan julurkan ke atas kepala dengan posisi jari-jari merapat. Agar kamu lebih paham, amatilah gambar berikut.

Gerakan Lengan dalam Renang Gaya Dada yang Benar

Apa yang dapat kamu simpulkan dari Gambar diatas? Praktikkan gerakan seperti gambar tersebut bersama temanmu. Bagaimana caranya?

  1. Buka tangan ke samping dengan posisi telapak tangan menghadap ke luar.
  2. Tekuk sikut dan tarik tangan ke samping selebar bahu atau setengah lingkaran (kira-kira 90°) sambil mendorong air.
  3. Ayunkan tangan dengan kuat saat mendorong air.

2. Tekuk tangan ke bawah dada, posisi telapak tangan berhadapan kedalam.

3. Julurkan tangan ke atas kepala dengan posisi ibu jari di atas seperti posisi semula. Amatilah gerakan lengan seperti gambar berikut.

Nah itulah penjelasan singkat padat dan jelas mengenai Posisi Tubuh dan Gerak Lengan dalam Renang Gaya Dada. Pelajari juga teknik renang gaya dada lainnya berikut ini :

One Comment