Profil Negara Thailand : Jumlah Penduduk, Ibu Kota dan Letaknya

Profil Negara Thailand: Jumlah Penduduk, Letak, Luas dan Ibu Kotanya – Siapa yang tidak mengenal “Thailand”, salah satu negara pengekspor terbesar produk pertanian dunia. Letaknya di kawasan Asia Tenggara, masuk dalam jajaran negara berkembang yang menganut sistem pemerintahan monarki konstitusional. Thailand dipimpin oleh Raja yang juga sebagai kepala pemerintahan.

Nah dibawah ini kami sajikan informasi profil negara Thailand secara lengkap dan singkat, meliputi jumlah penduduk terbaru dan perkembangannya, letak astronomis dan geografis, luas wilayah dan pembagian administratif, ibu kota serta beberapa rekomendasi tempat wisata populer yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Simak selengkapnya!

Profil Negara Thailand Secara Lengkap dan Singkat

Profil Negara Thailand

Thailand adalah negara yang menganut sistem Pemerintahan Kesatuan parlementer monarki konstitusional di bawah kuasa junta militer. Ibu kota negara ini adalah Bangkok dan bahasa resminya adalah Thai. Thailand sendiri memiliki lagu kebangsaan yaitu “Phleng Chat Thai”.

Kemudian mata uang Thailand adalah Bath. Menurut sejarahnya, Thailand merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa lain. Baca: Profil Negara Filipina

Jumlah Penduduk Thailand

Berapa banyak total populasi jumlah penduduk negara Thailand? Jumlah penduduk Thailand di tahun 2018 kurang lebih sekitar 68.615.858 jiwa. Sebagian besar penduduk Thailand merupakan orang-orang etnis Thai, mereka mayoritas beragama buddha.

Selain itu, Thailand merupakan salah satu dari 5 negara pendiri ASEAN bersama dengan Malaysia, Indonesia, Filipina dan Singapura. Selain tergabung dalam organisasi negara-negara di Asia Tenggara, Thailand juga anggota aktif perserikatan bangsa-bangsa PBB.

Letak Negara Thailand

Secara geografis, negara Thailand berbatasan dengan Kamboja dan Laos di sebelah Timur, di sebelah Selatan berbatasan dengan Malaysia dan Teluk Siam, sedangkan disebelah Barat yaitu dengan Myanmar dan Laut Andaman. Sedangkan secara astronomis, Thailand terletak di antara 5°-21° LU (Lintang Utara) dan 97°-106° BT (Bujur Timur).

Selengkapnya: Batas Wilayah Thailand

Luas Negara Thailand

Luas wilayah negara Thailand tercatat kurang lebih mencapai 513.120 km2. Thailand adalah negara produsen sekaligus eksportir terbesar dunia untuk beras, karet, gula, tapioka, bibit tanaman, bunga potong, minyak kelapa sawit, buah-buahan dan lain-lain produk pertanian.

Profil Ibu Kota Negara Thailand

Ibu kota negara ini adalah Bangkok dan bahasa resminya adalah Thai. Thailand sendiri memiliki lagu kebangsaan yaitu “Phleng Chat Thai“. Mayoritas agama negara ini adalah 94.50% Buddhisme, 4.29% Islam, 1.17% Kristen, 0.03% Hinduisme, 0.01% Tak beragama.

Tepat Wisata Populer di Thailand

Punya rencana liburan ke Thailand? Beberapa spot tempat wisata populer di Thailand berikut ini wajib Anda kunjungi bersama keluarga, teman, atau pasangan. Diantaranya seperti Kuil Budha Berbaring (Wat Pho), Pantai Patong, Patung Besar Budha Phuket, Kuil Fajar (Wat Arun), BTS Skytrain, Pasar Mingguan Chatuchak, Phang Nga Elephant Park, Lanta Animal Welfare, dan Krabi Elephant Sanctuary.

Nah itulah informasi mengenai Profil Negara Thailand beserta rekomendasi tempat wisata populer di Thailand yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Semoga ulasan diatas dapat berguna dan menambah wawasan Anda. Terimakasih. Baca juga: Profil Negara Timor Leste

2 Comments