Sebuah Karangan Nonfiksi Hewan Berdasarkan Penggolongannya

Sekarang saatnya kamu membuat sebuah karangan nonfiksi paling sedikit tiga paragraf, Pilihlah satu hewan dari setiap kelompok hewan berdasarkan penggolongannya Pilihlah hewan yang paling kamu sukai, pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 5 halaman 13 15 16 17 tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 1 Komponen Ekosistem di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Nama Hewan Jenis Makanan Kelompok Hewan Halaman 15 di buku tematik.

Sebuah karangan nonfiksi hewan berdasarkan penggolongannya

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 16

Ayo Menulis

Sekarang kamu dapat melihat dengan jelas penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Ada hewan herbivor, karnivor dan omnivor. Sekarang saatnya, kamu membuat sebuah karangan nonfiksi paling sedikit tiga paragraf. Karangan nonfiksi dibuat dengan menggunakan data-data, fakta, dan informasi pendukung lain.

Lakukanlah langkah-langkah berikut ini.
1. Pilihlah satu hewan dari setiap kelompok hewan berdasarkan penggolongannya. Pilihlah hewan yang paling kamu sukai.
2. Carilah informasi tentang hewan tersebut, termasuk habitat asli, jenis makanan, serta cara hewan tersebut mendapatkan dan memakan makanannya.
3. Gunakan hasil pengamatan dan informasi penting yang telah kamu dapatkan dari bacaan untuk melengkapi tulisanmu.
4. Kamu juga dapat melengkapi tulisanmu dengan gambar hewan yang kamu tuliskan.
5. Tuliskan penjelasan tentang kedua hewan tersebut pada selembar kertas dengan tulisan yang rapi!

Jawaban :

Kambing
Kambing adalah salah satu jenis hewan ternak. Habitat asli hewan tersebut adalah di alam liar seperti padang rumput, hutan, atau perbukitan yang dekat dengan sumber makanan. Namun, kambing ternak hidup di kandang yang dibuat manusia karena memang sengaja untuk dipelihara.

Kambing menyukai dedaunan dan rerumputan sehingga hewan ini tergolong hewan herbivor. Hewan ini mendapatkan makanan dari tumbuh-tumbuhan yang berada di sekitarnya. Sedangkan kambing ternak mendapatkan makanan dari majikannya (peternak).

Kambing termasuk pemamah biak yang mencerna makanannya dalam 2 tahap. Tahap pertama, makanan dikunyah dengan mulut lalu masuk ke lambung. Setelah dicerna di lambung, makanan akan keluar lagi menuju mulut untuk dikunyah kedua kalinya. Kemudian makanan akan masuk ke lambung untuk dicerna lebih lanjut.

Musang
Musang merupakan salah satu jenis hewan karnivor. Di Indonesia sendiri terdapat empat jenis musang yang cukup dikenal yaitu luwak, bintaruong, musang akar, dan musang bulan/galing. Hewan ini biasanya hidup liar di pepohonan atau bersembunyi di sela-sela bebatuan. Namun ada juga musang yang sengaja dipelihara.

Musang termasuk hewan karnivora karena hewan ini pemakan daging. Hal ini bisa dilihat dari taring yang dimilikinya. Musang memperoleh makanan dari ayam-ayam ternak milik penduduk. Hal ini menjadikan musang sebagai musuh para peternak ayam. Sedangkan musang liar biasanya mendapat makanan dari alam sekitarnya.

Musang memiliki jenis yang cukup banyak. Selain pemakan daging, ada jenis musang yang menyukai buah-buahan atau kopi. Luwak adalah salah satu contohnya. Hewan ini menyukai kopi. Kotorannya yang berupa biji kopi, sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Ayo Berkreasi
Tahukah kamu bahwa hewan sering dijadikan inspirasi oleh pengarang lagu untuk membuat sebuah lagu? Ada beberapa lagu Indonesia yang bertemakan hewan. Menurutmu, mengapa hewan dijadikan inspirasi untuk membuat lagu? Apakah tujuannya?

Jawaban, buka disini: Contoh Lagu Bertema Hewan yang Bernada Mayor

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 5 kelas 5 SD halaman 16 tentang sebuah karangan nonfiksi hewan berdasarkan penggolongannya. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 2 subtema 1 Komponen Ekosistem di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian:

3 Comments