Sediakan Sebuah Gelas Kering Masukkan Sepotong Es Ke dalam Gelas

Sediakan sebuah gelas kering Masukkan sepotong es ke dalam gelas itu, pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 5 halaman 213 tepatnya pada materi pembelajaran 5 pembelajaran Perbedaan Itu Indah di buku tematik siswa sekolah dasar.

Sediakan sebuah gelas kering Masukkan sepotong es ke dalam gelas itu

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Berkacalah di depan cermin Bukalah mulutmu dekat-dekat dengan cermin itu dan kemudian keluarkan napas dengan kuat lewat mulut berkali-kali di buku tematik.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 213

Kegiatan 3

Sediakan sebuah gelas kering Masukkan sepotong es ke dalam gelas itu. Tunggu beberapa saat. Lihatlah bagian luar gelas! Apa yang kamu lihat?

Jawaban : Setelah sepotong es dimasukkan, maka bagian luar gelas akan terdapat embun-embun air yang menempel pada gelas.

Buatlah kesimpulan dari tiga percobaan yang telah kamu lakukan. Tulislah pada kolom berikut!

Jawaban : Pada ketiga percobaan terjadi peristiwa pengembunan. Uap air yang keluar dari cerek kemudian tertahan pada piring, karena piring lebih dingin, maka uap air kemudian berubah menjadi air. Pada percobaan kedua, napas kita yang berupa gas, akan berubah menjadi cair ketika menempel pada kaca, karena kaca bersuhu lebih rendah, sehingga berubah menjadi embun. Pada percobaan ketiga, Es batu yang mulai mencair, melepaskan gas ke udara, ketiga gas menempel pada gelas, maka berubah menjadi embun, karena suhu lebih rendah dari udara. Jadi Pengembunan atau kondensasi terjadi karena adanya perubahan wujud benda ke wujud yang lebih padat, seperti dari zat gas menjadi zat cair karena perbedaan kalor.

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 7 kelas 5 SD Halaman 213 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 5 perbedaan itu indah di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: Pembelajaran 1 Subtema 1 Tema 8