Sekarang Saatnya Membuat Gambar Ilustrasi Tema Hewan Kesayanganku

Sekarang saatnya membuat gambar ilustrasi. Sebelum kamu membuat gambar, susunlah terlebih dahulu bacaan atau teks. Tema gambarnya adalah “Hewan Kesayanganku”. Bagaimana cara membuatnya? Tentu kalian telah mempelajari tentang langkah membuat gambar ilustrasi dan media untuk menggambar kan?

Jika belum, pelajari kembali! Langkah-langkah membuat gambar ilustrasi adalah sebagai berikut :

  • Gagasan bersumber dari bacaan. Setelah menentukan gagasan, tentukanlah adegan apa yang akan digambar, siapa saja tokohnya, bagaimana suasananya, serta media yang akan digunakan.
  • Sketsa adalah rancangan gambar yang dibuat sesuai dengan gagasan. Membuat sketsa harus berhati-hati, perhatikan bagaimana tata letak dan ukuran objek yang digambar.
  • Setelah sketsa selesai dibuat, kamu dapat mewarnainya. Pewarnaan dapat dilakukan dengan dua cara, pertama memberi warna sesuai dengan aslinya, kedua memberi warna berdasarkan imajinasi sendiri. Kamu dapat menggunakan cat air, cat minyak, pensil warna, dan spidol.

Kemudian media gambar yang bisa kamu gunakan meliputi alas gambar, bisa menggunakan kain, kertas, atau kanvas. Media pewarnaan menggunakan pensil warna dan cat air.

Sekarang saatnya membuat gambar ilustrasi. Sebelum kamu membuat gambar, susunlah terlebih dahulu bacaan atau teks. Tema gambarnya adalah “Hewan Kesayanganku”.

Berikut ini contoh teks dan gambar ilustrasi bertema “Hewan Kesayanganku” :

Sekarang Saatnya Membuat Gambar Ilustrasi Tema Hewan Kesayanganku

Teks : Budi memiliki 1 ekor kucing kecil yang sangat lucu, Budi begitu menyayangi kucing, setiap pulang sekolah selesai tugas sekolah maupun tugas rumah Budi bermain bersama kucing. Kucing kecil sangat suka diberi minum susu.

Untuk dapat menceritakan apa yang terkandung di dalam gambar diperlukan ketelitian dalam mengamati gambar. Selain itu juga diperlukan kemampuan dalam berbahasa, baik lisan maupun tulis. Lihat juga: Contoh Gambar Ilustrasi Tentang Hewan Kelinci

2 Comments