Sikap dalam Musyawarah yang Mendorong Persatuan dan Kesatuan

Sikap dalam musyawarah yang mendorong persatuan dan kesatuan ia atau tidak, pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 116 tepatnya pada materi pembelajaran 4 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Sikap dalam musyawarah yang mendorong persatuan dan kesatuan ia atau tidak

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal judul pengarang awal tengah akhir berbesar hati menerima kekalahan lengkap di buku tematik siswa.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 116

Ayo Berdiskusi

Kamu tentu telah mengalami beberapa kali kegiatan yang melibatkan musyawarah untuk mencapai mufakat. Berdasarkan artikel di atas, bersama dengan teman sebangkumu cobalah untuk mencari tahu dengan saksama bagaimana peristiwa persatuan dan kesatuan terdapat dalam peristiwa pengambilan keputusan bersama. Jelaskan juga bagaimana peristiwa tersebut berhubungan dengan sila-sila dalam Pancasila yang telah kamu pelajari sebelumnya. Tuliskanlah hasil diskusimu di atas selembar kertas, lalu bacakanlah secara bergiliran di dalam diskusi kelas. Tempelkanlah hasil diskusimu di papan tulis.

Buatlah sebuah tabel untuk menjelaskan sikap-sikap apa saja yang diperlukan dalam musyawarah dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan. Pada sisi yang lain, sebutkan sikap sebaliknya yang dapat mengganggu atau mengancam terciptanya persatuan dan kesatuan dalam peristiwa tersebut. Perhatikanlah sikap mana saja yang telah kamu lakukan. Berilah tanda centang (✓) terhadap sikap yang telah kamu lakukan dan tanda silang (x) untuk sikap-sikap yang tidak ingin kamu lakukan.

Jawaban :

Sikap dalam Musyawarah yang Mendorong Persatuan dan Kesatuan Ya (✓) Tidak (x)
Menghargai pendapat orang lain.
Tidak memaksakan pendapat kepada orang lain.
Mengeluarkan pendapat dengan baik dan sopan.
Menerima keputusan musyawarah.
Melaksanakan keputusan dengan penuh tanggung jawab.
Sikap dalam Musyawarah yang Tidak Mendorong Persatuan dan Kesatuan Ya (✓) Tidak (x)
Menyela pembicaraan ketika orang lain mengeluarkan pendapat. x
Memaksakan pendapat kepada peserta musyawarah. x
Tidak menghormati pendapat orang lain. x
Menolak hasil keputusan musyawarah. x
Melakukan walk out karena tidak setuju dengan pendapat peserta yang lain. x

Ayo Membaca

Peristiwa pengambilan mufakat secara musyawarah merupakan salah satu peristiwa persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Peristiwa tersebut dapat mempersatukan masyarakat untuk mencapai tujuan bersama. Lakukanlah kegiatan berikut ini bersama dengan teman sekelasmu.

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 116 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 4 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: