Jawaban: Susunlah Paragraf Sehingga Menjadi Cerita yang Urut

Susunlah paragraf, sehingga menjadi cerita yang urut! Nomorilah urutannya di kotak yang disediakan! Bacalah wacana berikut ini! Baca paragraf demi paragraf. Pembahasan kunci jawaban soal tema 3 kelas 3 SD/MI di buku tematik siswa halaman 160 – 161. Tepatnya pada materi pembelajaran 5 subtema 3 Perubahan Wujud Benda.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang bagan proses mengembun dan contoh peristiwa di kehidupan sehari-hari.

Sebelum menjawab soal tersebut, kalian wajib membaca dan memahami paragraf di buku paket halaman 160-161. Berikut ini urutan yang tepat dari 5 paragraf yang ada. Jawaban :

1 : Pernahkah kamu melihat atau menggunakan kapur barus? Kapur barus dapat dijumpai sehari-hari. Bentuknya bulat dan beraneka warna. Apakah kegunaan kapur barus?

2 : Kapur barus digunakan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap. Biasanya diletakkan di lemari di sela-sela pakaian. Atau di kamar mandi.

3 : Apa yang terjadi pada kapur barus? Lama kelamaan kapur barus akan mengecil dan habis. Apa yang terjadi?

4 : Kapur barus lama-kelamaan mengecil dan habis. Karena terjadi perubahan wujud pada kapur barus. Perubahan wujud dari padat menjadi gas. Perubahan wujud dari padat menjadi gas disebut menyublim.

5 : Peristiwa menyublim mengakibatkan kapur barus mengecil dan habis. Ketika kapur barus berubah wujud menjadi gas, tercium bau wangi di udara.

Lihat gambarnya :

Susunlah Paragraf Sehingga Menjadi Cerita yang Urut

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 3 kelas 3 SD di halaman 160-161 tentang Susunlah Paragraf Sehingga Menjadi Cerita yang Urut. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 5 subtema 3 berikut ini :

Perubahan wujud sudah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya. Pasangkan kata berikut dengan arti yang sesuai! Pembahasan secara lengkap, bisa kalian baca disini : Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 161