50 Tempat Wisata di Purbalingga Paling Hits, Menarik dan Terkenal

Punya rencana liburan? Anda wajib mengunjungi tempat wisata di Purbalingga yang tidak kalah menarik dengan spot liburan lain di Jawa Tengah. Purbalingga merupakan kabupaten yang menjadi alternatif tujuan wisata setelah Anda berlibur ke tempat wisata di Purwokerto dan Cilacap.

Di Purbalingga terdapat berbagai jenis tempat wisata populer yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Diantaranya seperti taman bermain untuk anak, wisata alam hutan dan curug, spot foto hits instagramable dan tentunya wisata kuliner khas serta tempat untuk membeli oleh-oleh khas Purbalingga.

Berikut ini rekomendasi obyek wisata di Purbalingga yang paling hits, terkenal dan tentunya sangat menarik untuk dikunjungi.

1. Owabong Water Park, Tempat Wisata Terkenal di Purbalingga

Alamat: Jalan Raya Owabong No.1, Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Kab. Purbalingga, Prov. Jawa Tengah.

@FauziyahHanifah “Water Park termurah dan lengkap sepanjang masa ❤️❤️❤️ tiket masuk kalo weekday (senin- jum) 25rb, kalo weekend lupa berapa wkwkwk. Masuk 25rb udah bisa nikmati banyak fasilitas kolam dari kolam anak2 yangg banyak mainan sampe kolam yg dalem dan banyak lagi. Tp emang ada beberapa yg harus bayar lagi kaya ke kolam air hangat, pijat ikan, kolam khusus wanita (itu satu paket, satu wilayah) bayar tiketnya 15rb. Sama kaya yg hiburan kaya gocar, flying fox, wahana 4D”.

2. Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas

Tempat Wisata Edukasi di Purbalingga
By @desi_delima

Alamat: Jalan Raya Purbayasa, Purbayasa, Kecamatan Padamara, Kab. Purbalingga, Prov. Jawa Tengah.

@LindaAzqia “Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas yang beralamat di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga ini wajib untuk dimasukkan ke dalam daftar wisata Anda karena tempatnya yang bersih, nyaman , sejuk, dan juga mudah dijangkau. Fasilitas lengkap seperti lahan parkir yang luas, mushola, Home Stay, Hall, dan Panggung Hiburan.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk tujuan wisata keluarga, karena tempatnya yang nyaman untuk bersantai di area taman bermain berupa taman rumput hijau yang dikelilingi oleh pepohonan rindang dan kebun binatang mini yang sebagai kandang unggas. Di taman bermain ini juga disediakan wahana permainan seperti ayunan, jungkat-jungkit, dan prosotan”.

3. Goa Lawa, Tempat Wisata Menarik di Purbalingga

Goa Lawa, Tempat Wisata Menarik di Purbalingga
By @novii_nb26

Alamat: Desa Siwarak, Karangreja, Siwarak, Kab. Purbalingga, Prov. Jawa Tengah.

@APBudiS “Goa yg terbentuk dari batuan vulkanik, unik. Karena biasanya goa terjadi di batuan karst. Tempat mudah dijangkau, di pinggir jalan raya. Goa berliku.. liku. Di dalam goa terdapat areal yang cukup luas untuk kedai kopi. Ada tetesan2 air spt goa di daerah karst. Terdapat sudut-sudut untuk mengambil foto. Jangan lupa berkunjung saat anda berada di Purbalingga.

4. Sanggaluri Park, Tempat Wisata Keluarga di Purbalingga

Sanggaluri Park, Tempat Wisata Keluarga di Purbalingga
Museum Wayang di Sanggaluri Park

Alamat: Jl. Raya Taman Reptile, Kutasari, Kab. Purbalingga, Prov. Jawa Tengah.

@petruk “Tempatnya nyaman, wahana bermain dan belajar juga untuk si buah hati. Disamping bermain, bisa mengenalkan suatu profesi seperti dokter, polisi, ada photography dll. Tersedia juga kantin² makan untuk pengunjung, bila pengunjung lelah bisa melepas penat di bawah rimbun pohon sambil melihat satwa yang dikembangbiakan di Sanggaluri.

Terdapat juga spot² photo yang bagus untuk berswaphoto bersama kerabat, teman ataupun pasangan. Untuk toilet pengunjung sudah cukup untuk kebersihan, parkir kendaraan bermotor pun cukup luas, para petugas ramah. Kedepannya mungkin SANGGALURI ada penambahan tempat² yang lagi dalam proses”.

Rekomendasi: Wisata Pantai di Cilacap

5. Wisata Alam Kampung Kurcaci

Wisata Alam Kampung Kurcaci Purbalingga
By @rinafhia15

Alamat: Krajan, Serang, Kecamatan Karangreja, Kab. Purbalingga, Prov. Jawa Tengah.

@M.AriefWibowo “Pengalaman pertama berkunjung ke tempat wisata kampung kurcaci, kemarin tanggal 2 september 2018 untuk mengikuti acara instameet unity. Pemilihan venue untuk instameet unity ini menurut saya sangat bagus, venue berada di paling ujung, jadi kita harus berjalan jauh, namun disuguhi pemandangan keren selama jalan kaki. Memasuki wisata kampung kurcaci, kalian harus bersiap-siap kehilangan koneksi internet.

Jika beruntung, kalian masih bisa mendapatkan koneksi internet di pinggir jalan raya, itupun dengan koneksi kurang baik. Overall tempat ini sangat keren menurut saya. Oiya, kemarin saya kesusahan mencari warung makan ketika mau makan berat”.

6. Jembatan Cinta, Tempat Wisata Instagramable di Purbalingga

By @misya.latief

Alamat: Dusun Tipar, Panusupan, Kecamatan Rembang, Kab. Purbalingga, Prov. Jawa Tengah.

@Sies06 “Jembatan Cinta Pring Wulung yang beralamat di Desa Wisata Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Desa Panusupan adalah Desa Penghasil Pring Wulung / Bambu Wulung / Bambu Hitam di Purbalingga yang mayoritas dikelola oleh para pemuda desa tersebut untuk membuat Kerajinan Tangan, Bangunan seperti Rumah, Bale-balean, Gazebo, Kipas, Bangku, dll”.

7. Pemandian Situ Tirta Marta Desa Wisata

By @indoflashlight

Alamat: Dusun 1, Karangcegak, Kutasari, Kab. Purbalingga, Prov. Jawa Tengah.

@SuwaliAnto “Walau tergolong tidak begitu luas namun tempat ini Bagus buat refresing keluarga yang berdomisili sekitar kota Purbalingga. Paduan sungai dari mata air jernih dan hamparan sawah yang cukup sejuk dipandang”.

8. Puncak Sendaren, Purbalingga

Puncak Sendaren Purbalingga
By @desy_andy

Alamat: Jalan Ardi Lawet, Panusupan, Kecamatan Rembang, Kab. Purbalingga, Prov. Jawa Tengah.

@GunturHanafi “Dari mulai tempat parkir, loket dan lokasi. Para pengurus puncak sendaren sangat ramah dan komunikatif. Cekatan dan gak cuek. Pelayanan top. Ini ada yg mau naik terus kecapean dan pingsan langsung ditolong. Nek maring sendaren nang pertigaan karangmoncol / majingklak mending kiri lewat tunjungmuli lewih prek, dalane ya maen tekan panusupan, dari pada sing meng kanan lewat tajug, rajawana.

9. Desa Wisata Serang

Serang, Desa Tempat Wisata di Purbalingga
By @hanifah.15

Alamat: Jalan Raya Serang, Krajan, Kecamatan Karangreja, Kab. Purbalingga, Prov. Jawa Tengah.

@DikkieW.Drestantohadi “Daerah dataran tinggi di wilayah kabupaten purbalingga yang jadi destinasi wisata bagi penduduk Purbalingga dan sekitarnya. Merupakan kawasan wisata berhawa sejuk, dengan berbagai macam tujuan wisata seperti kebun strawberi, rest area yang dingin sejuk, taman kurcaci, curug/air terjun sikopyah dsb. Dari situ bisa melanjutkan ke tempat wisata goa lawa atau ke arah baturaden”.

10. Alun-Alun Purbalingga

Alun-Alun Purbalingga
By : https://nasional.republika.co.id/

Alamat: Jalan Jendral Sudirman, Purbalingga Lor, Kecamatan Purbalingga, Kab. Purbalingga, Prov. Jawa Tengah.

@AriWidiastuti “Sekarang sudah cantik kalau malam kelihatan lampu kelap kelip yang menghias pohon, jadi tempat rekreasi keluarga yang murah meriah 😁 di sore hari juga banyak pedagang makanan sampai jam 23an kalau pedagang kopi bisa sampai pagi. Tapi saya rindu dengan 2 pohon beringin yang dulu ada 😢 kalau siang jadi tempat berteduh saya kalau pulang sekolah”.