Temukan Kata-Kata Baru Pada Teks Perjalanan dengan Kereta

Temukan kata-kata baru pada teks perjalanan dengan kereta! Bacalah kembali teks “Perjalanan dengan Kereta”. Tuliskan lima kata baru itu pada tabel! Lalu, buatlah kalimat dengan kata-kata baru itu! Pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 3 halaman 186, tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, dimana kalian telah mengerjakan tugas tentang Tindakan Menjaga Keselamatan dan Alasannya. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Temukan Kata-Kata Baru Pada Teks Perjalanan dengan Kereta

Ayo Membaca! Bacalah teks berikut ini dengan senyap!

Perjalanan dengan Kereta

Ayah dan ibu mengajak Udin dan Mutiara pergi ke Cirebon. Mereka ingin mengunjungi kakek dan nenek. Udin dan Mutiara sangat senang. Udin dan keluarganya pergi ke Cirebon dengan kereta api. Mereka pergi ke stasiun kereta dengan angkutan kota. Ayah sudah menyiapkan tiket kereta untuk mereka. Mereka masuk ke stasiun kereta sambil menunjukkan tiket. Udin dan keluarganya menunggu kereta datang di dekat peron.

Kereta yang Udin tumpangi sangat panjang. Kereta Udin memiliki 10 gerbong. Kereta berjalan di atas rel kereta. Rel kereta terbuat dari besi. Di dalam kereta ada ruang makan. Di dalam kereta juga ada toilet.

Selama di kereta, Udin menikmati pemandangan yang indah. Kereta melintasi jembatan di atas sungai. Ia melihat perkampungan dan sawah yang hijau. Udin juga melihat berbagai kendaraan lalu lalang. Ada sepeda motor, mobil, bus, becak, dan dokar. Udin melihat semuanya dari jendela kereta.

Udin sangat bersyukur dapat menikmati perjalanannya dengan kereta. Udin berterima kasih kepada ayah dan ibu yang sudah mengajaknya bepergian. Ia juga berterima kasih kepada bapak masinis yang membawa ia dan keluarganya sampai di Cirebon.

Ayo Menulis

Bacalah kembali teks “Perjalanan dengan Kereta”. Temukan kata-kata baru pada teks! Tuliskan lima kata baru itu pada tabel! Lalu, buatlah kalimat dengan kata-kata baru itu!

Jawab:

No. Kata Baru Kalimat
1. Stasiun Kereta api berhenti di stasiun.
2. Peron Penumpang menunggu kereta di peron.
3. Toilet Dalam gerbong pesawat terdapat toilet
4. Masinis Kereta api dijalankan oleh seorang masinis
5. Tiket Sebelum naik kereta sebaiknya membeli tiket terlebih dahulu

Baca juga pembahasan soal halaman selanjutnya berikut ini:

Ayo Mencoba

Udin dan keluarganya menunggu kereta di dekat peron. Peron adalah pelataran tempat penumpang naik dan turun dari kereta. Di sekitar peron ada kursi-kursi untuk menunggu. Kursi peron berbentuk persegi panjang. Jika panjang kursi 250 cm dan lebarnya 50 cm, berapakah keliling kursi peron?

Keliling kursi peron: …. + …. + …. + …. = …. cm

Jawaban: buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 3 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 186 tentang Temukan Kata-Kata Baru Pada Teks Perjalanan dengan Kereta. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 3 subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi. Terimakasih, selamat belajar!