Tiga Contoh Menunjukkan Peran Pancasila dalam Membina Keutuhan

Berikanlah paling sedikit tiga contoh yang menunjukkan peran Pancasila dalam membina keutuhan bangsa Indonesia yang memiliki keragaman budaya, pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 5 halaman 180 tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan.

tiga contoh yang menunjukkan peran Pancasila dalam membina keutuhan bangsa Indonesia

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Nilai-nilai Pancasila apa sajakah yang nyata dalam gotong royong tersebut  di buku tematik siswa sekolah dasar.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 180

Ayo Berdiskusi

1. Apa saja manfaat gotong royong?

Jawaban : Manfaat gotong royong antara lain yaitu meringankan beban pekerjaan yang harus ditanggung, menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, dan kekeluargaan antar sesame anggota masyarakat, serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional.

2. Bagaimana ciri masyarakat Indonesia ditunjukkan melalui kebiasaan gotong royong tersebut?

Jawaban : Gotong royong dilakukan dengan rasa yang ikhlas dan sukarela untuk saling membantu satu sama lain dan lebih mengutamakan kepentingan bersama.

3. Nilai-nilai Pancasila apa sajakah yang nyata dalam gotong royong tersebut?

Jawaban : Persatuan dan kesatuan Indonesia

4. Berikanlah paling sedikit tiga contoh yang menunjukkan peran Pancasila dalam membina keutuhan bangsa Indonesia yang memiliki keragaman budaya.

Jawaban : Berikut beberapa contoh-contohnya yaitu

– Pancasila adalah alat pemersatu bangsa. Pancasila memperkuat persatuan bangsa Indonesi karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk.
– Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, artinya Pancasila diamalkan dalam hidup sehari-hari.
– Pancasila sebagai Keperibadian Bangsa Indonesia, artinya segala tingkah laku dan amal perbuatan bangsa Indonesia harus sesuai Pancasila.

Ayo Mengamati

1. Apakah menurutmu sikap Kepala Desa mencerminkan sikap mengutamakan musyawarah dan mufakat? Mengapa?
2. Bagaimana pendapatmu tentang sikap Pak Doni dan Pak Badu?
3. Bagaimana pendapatmu tentang sikap Pak Ali?
4. Tuliskan paling sedikit dua cara yang dapat kamu lakukan untuk menghargai orang lain!

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 7 kelas 5 SD Halaman 180 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: