Tulisan Tentang Pertempuran Surabaya Berdasarkan Peta Pikiran

Buatlah tulisan menggunakan kata-kata sendiri tentang Pertempuran Surabaya berdasarkan peta pikiran yang telah kamu buat! Gunakan kalimat efektif. Kunci jawaban soal tema 2 kelas 6 subtema 2 materi pembelajaran 1 di buku paket halaman 46.

Sebelum membuat tulisan, kamu wajib mengerjakan soal sebelumnya berkaitan dengan peta pikiran Pertempuran Surabaya. Baca terlebih dahulu teks berikut ini dalam hati!

Tulisan Tentang Pertempuran Surabaya Berdasarkan Peta Pikiran

Pertempuran Surabaya

Pada tanggal 25 Oktober 1945, tentara Sekutu yang dipimpin oleh Brigadir Jenderal Mallaby. Tanggal 27-30 Oktober 1945, terjadi kontak senjata antara para pemuda

Indonesia dengan pasukan Inggris. Dalam pertempuran ini, pasukan Inggris dapat dipukul mundur. Bahkan, puncak dari pertempuran tersebut adalah terbunuhnya pemimpin pasukan Inggris, Brigadir Jendral Mallaby.

Pada tanggal 9 November 1945, Inggris mengeluarkan ultimatum yg berisi “semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan dan menyerahkan diri dengan mengangkat tangan”.

Namun, ultimatum tersebut ditolak oleh pihak Indonesia. Pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran yang sangat dahsyat. Pasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut, dan udara. Peristiwa 10 November ini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Kamu dapat mengembangkan peta pikiran yang telah kamu buat menjadi sebuah tulisan baru dengan menggunakan kata-kata sendiri. Sebelum menulis, perhatikan ciri-ciri kalimat efektif berikut!

Kalimat efektif adalah kalimat yang mengandung gagasan pembicara / penulis yang terdiri atas kata-kata yang mempunyai unsur SPOK. Ciri-ciri kalimat efektif :
1. Memiliki unsur penting atau pokok (minimal unsur subjek dan predikat),
2. Menggunakan struktur bahasa yang tepat,
3. Memenuhi kaidah ejaan yang berlaku,
4. Menggunakan pilihan kata (diksi) yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Buatlah tulisan menggunakan kata-kata sendiri tentang Pertempuran Surabaya berdasarkan peta pikiran yang telah kamu buat! Gunakan kalimat efektif.

Jawaban :

Pertempuran Surabaya terjadi di Kota Surabaya pada tanggal 10 Nopember 1945. Terjadi kontak senjata yang mengakibatkan pemimpin pasukan Inggris bernama Brigadir Jendral Mallaby tewas. Pertempuran Surabaya meletus disebabkan karena Inggris mengeluarkan ultimatum agar orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya. Setelah rakyat menolak ultimatum, pasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut, dan udara.

Nah itulah contoh tulisan berdasarkan peta pikiran tentang Pertempuran Surabaya pada masa awal kemerdekaan Indonesia. Semoga pembahasan diatas bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar!