Tulislah Cerita Dongeng yang Pernah Disampaikan Guru! Kemudian, Beri Hiasan yang Menarik!

Tulislah cerita dongeng yang pernah disampaikan guru! Kemudian, beri hiasan yang menarik! Pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 2 halaman 108, tepatnya pada materi pembelajaran 6 subtema 2 Kebersamaan di Sekolah buku tematik siswa revisi 2017.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Berilah contoh perilaku yang mencerminkan persahabatan dalam lingkungan sekolahmu! Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Tulislah Cerita Dongeng yang Pernah Disampaikan Guru Kemudian, Beri Hiasan yang Menarik

Lomba Kebersihan

Hari ini, kelas Siti mengikuti lomba kebersihan kelas. Sebagian siswa bekerja sama membersihkan kelas. Sebagian siswa menghias kelas. Edo membersihkan kaca jendela.

Lani membuat beberapa hiasan. Dayu menata hasil karya menulis cerita dongeng dengan temannya. Ayu merapikan hasil karya teman-temannya tentang pecahan. Suasana kelas menjadi semarak. Setelah siap, Siti mengundang Ibu guru dan kepala sekolah untuk berkunjung ke kelas.

Mereka melakukan penilaian. Beberapa siswa menampilkan tarian untuk menyambut kepala sekolah. Semua siswa sangat senang mengikuti kegiatan lomba kebersihan. Mereka enunjukkan rasa kebersamaan untuk kelasnya.

Ayo Menulis

Tulislah cerita dongeng yang pernah disampaikan guru! Kemudian, beri hiasan yang menarik!

Jawaban:

Judul dongeng : Ikan dan Burung

Di sebuah hutan burung dan ikan yang bersahabat dekat. Kedekatan keduanya melalui suatu kejadian yang mengubah mereka. Waktu beristirahat di pinggiran sungai ikan berusaha mendapatkan biji-bijian, namun tidak berhasil. Ia hanya bisa memandangi biji-bijian itu.

Perhatiannya teralihkan oleh seekor burung yang sedang terbang. Dalam hati ikan mengatakan mengapa Tuhan tidak memberinya sayap untuk terbang agar bisa meraih biji-bijian itu.

Setelah beterbangan, burung hinggap di dahan pohon untuk beristirahat. Ia melihat banyak sekali cacing bergeliatan di dalam air. Burung berusaha masuk ke dalam air untuk menyelam, namun tidak berhasil karena ia tidak bisa berenang.

Ia hanya bisa memandangi cacing itu dari atas pohon. Perhatiannya teralihkan pada ikan. Dalam hati burung mengatajkan mengapa Tuhan tidak memberinya ekor dan sirip untuk berenang.

Akhirnya ikan dan burung saling tahu kesulitan masing-masing. Lalu mereka berkenalan. Ikan menginginkan biji-bijian, namun tidak bisa bisa terbang. Burung menginginkan cacing, namun ia tidak bisa berenang.

Akhirnya burung membantu ikan mengambil biji-bijian dan ikan membantu burung mendapatkan cacing-cacing. Merekapun akhirnya menjadi sahabat dan saling membantu.

Baca juga pembahasan soal halaman selanjutnya dibawah ini:

Ayo Berlatih

Tentukan nilai pecahan yang sesuai dengan gambar berikut!

1. Perhatikan gambar berikut!
Tentukan nilai pecahan yang sesuai dengan gambar berikut

Banyak piala di samping ada ____.
Banyak piala juara 1 dari seluruh piala menunjukkan pecahan ____.

Jawaban: buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 2 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 108. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 5. Terimakasih, selamat belajar!