Tulislah Manfaat Perkembangbiakan Hewan Secara Ovipar dan Vivipar

Tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar halaman 65 ampai 66, pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 6 tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 2 Hewan Sahabatku di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal hewan-hewan yang hidup di Asia Tenggara di buku tematik siswa.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 Halaman 65 ampai 66

Bacalah teks berikut dalam hati.
Setiap hewan memiliki kemampuan berkembang biak. Dengan berkembang biak, hewan dapat melestarikan jenisnya. Tahukah kamu bagaimana cara hewan berkembang biak.

Ovipar Vivipar
Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur disebut ovipar. Contohnya ayam dan jenis burung lainnya. Dapatkah kamu menyebutkan hewan ovipar lainnya?

Hewan ovipar yang lain diantaranya katak, kupu-kupu, cicak, capung, tokek, nyamuk, belibis, angsa, kumbang, bebek, dll.

Selain bertelur, ada juga hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan disebut vivipar Sapi, kucing, dan gajah adalah contoh hewan vivipar. Dapatkah kamu menyebutkan hewan vivipar lainnya?

Hewan vivipar lainnya selain yang disebutkan diatas diantaranya kera, kuda, ikan paus, kambing, singa, harimau, unta, kerbau, jerapah, kelinci, lumba-lumba, dll.

Ovovivipar
Adakah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur sekaligus melahirkan? Ada, contohnya adalah ular. Berapa jenis ular tidak selamanya melahirkan anaknya. Kadang-kadang pada saat mengeluarkan anakanaknya, masih ada anak ular yang terbungkus cangkang telurnya. Perkembangbiakan seperti ini dikatakan bertelur sekaligus beranak (ovovivipar). Dapatkah kamu menyebutkan contoh hewan ovovivipar lainnya?

Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara ovovivipar selain ular diantaranya ikan pari, ikan hiu, bunglon, iguana, platypus, kadal, kuda laut, salamander, dll.

Berdasarkan bacaan di atas, lengkapilah diagram dengan menambahkan contoh hewan lainnya.

Tulislah Manfaat Perkembangbiakan Hewan Secara Ovipar dan Vivipar Halaman 66

Tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar.

Jawaban :

Manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar antara lain:
– Embrio hewan dapat terlindung dari lingkungan karena ada cangkang yang membungkusnya, misalnya dari suhu lingkungan yang terlalu dingin atau panas.
– Di dalam cangkang telur terdapat amnion sebagai sumber protein, air serta dapat melindungi embrio dari guncangan serta benturan.
– Di dalam cangkang telur dilengkapi dengan kuning telur sebagai cadangan makanan bagi embrio.
– Telur dapat ditempatkan di sarang yang telah dibangun oleh induk sehingga diharapkan dapat terlindung dari predator, misalnya telur penyu yang diletakkan di dalam lubang pasir yang kemudian ditutup.

Manfaat perkembangbiakan hewan secara vivipar yaitu:
– Induk dapat membawa embrio yang berkembang di dalam tubuhnya sehingga menghindari serangan dari predator.
– Kebutuhan makanan saat embrio berkembang dapat terjamin oleh induknya.

Lihat pembahasan soal di bawah pada halaman 71 secara lengkap DISINI

Di pelajaran sebelumnya, kamu sudah memilih dua negara ASEAN dan membandingkannya dalam hal kehidupan sosial budaya. Untuk melengkapi informasimu tentang kedua negara tersebut, bandingkanlah negara-negara tersebut dari kehidupan ekonominya. Tulislah hasilnya dalam bentuk diagram Venn berikut.

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 1 kelas 6 SD halaman 65 ampai 66 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 1 subtema 2 Hewan Sahabatku di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: