Tulislah Nama Alat Musik Tradisional Daerah Asal & Cara Memainkannya

Tulislah nama alat musik tradisional lain yang kamu ketahui. Jelaskan asal alat musik itu, cara memainkannya, serta cara terjadinya bunyi pada alat musik tersebut! Selain kaya akan budaya, tarian, dan makanan khas daerah, Indonesia juga kaya akan jenis alat musik.

Berikut adalah contoh alat musik yang dimiliki oleh berbagai suku di Indonesia. Cara memainkannya berbeda-beda.

Tulislah Nama Alat Musik Tradisional Daerah Asal & Cara Memainkannya

Kecapi yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara dipetik. Angklung yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara digoyangkan.

Saluang yang berasal dari Sumatra Barat dimainkan dengan cara ditiup. Kendang yang berasal dari Jawa Barat dan Tifa dari Papua dimainkan dengan cara dipukul.

Soal : Tulislah nama alat musik tradisional lain yang kamu ketahui. Jelaskan asal alat musik itu, cara memainkannya, serta cara terjadinya bunyi pada alat musik tersebut!

Jawaban :

1. Suling

Daerah asal : Jawa Barat. Cara memainkan dan hasil bunyi : Alat tersebut dimainkan dengan cara ditiup sehingga menimbulkan getaran udara dalam suling, getaran tersebut menghasilkan bunyi.

2. Saluang

Daerah asal : Minangkabau, Sumatera Barat. Cara memainkan dan hasil bunyi : Jenis bunyi Aerofon, cara memainkan ditiup, sumber bunyi hembusan angin.

3. Angklung

Daerah asal : Jawa Barat. Cara memainkan dan hasil bunyi : Jenis bunyi Ideofon. Cara memainkan digoyang dengan tangan.

4. Kolintang

Daerah asal : Sulawesi Utara. Cara memainkan dan hasil bunyi : jenis bunyi Ideofon. Cara memainkannya dengan dipukul. sumber bunyi dari bambu yang dipukul.

5. Sasando

Daerah asal : Nusa Tenggara Timur. Cara memainkan dan hasil bunyi : jenis bunyi Chordofon, Cara memainkannya dengan dipetik, sumber bunyi dawai yang dipetik.

Nah itulah Nama Alat Musik Tradisional beserta daerah asal, jenis dan cara memainkannya. Semoga ulasan diatas bermanfaat, sekian terimakasih.