Urutkan Perkembangan Cara Orang Bepergian dengan Memberi Nomor Pada Kotak Tersedia

Urutkan perkembangan cara orang bepergian! Urutkan dengan memberi nomor pada kotak tersedia! Lalu, ceritakanlah kepada temanmu! Pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 3 halaman 172, tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Pembahasan kali merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Tuliskan isi cerita dari setiap paragraf Berlibur di Rumah Paman! Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Bercerita

Perhatikan gambar di bawah ini! Urutkan perkembangan cara orang bepergian! Urutkan dengan memberi nomor pada kotak tersedia! Lalu, ceritakanlah kepada temanmu!

Perkembangan Menggunakan Alat Transportasi

Jawaban:

Urutkan perkembangan cara orang bepergian

Contoh Cerita:

Pada jaman dahulu manusia bepergian ke berbagai tempat masih berjalan kaki. Berjalan kaki merupakan model transportasi tertua sebelum penggunaan hewan menjadi alat bantu transportasi. Selanjutnya manusia mulai menggunakan hewan sebagai alat transportasi. Beberapa jenis binatang yang sudah lumrah dijadikan alat transportasi manusia antara lain Kuda, Unta, Sapi dan Keledai.

Selanjutnya manusia menggunakan hewan sebagai penarik kendaraan. Sebelum belum mengenal mesin apalagi bahan bakar. manusia menggunakan kereta yang ditarik oleh hewan. Salah satu contohnya adalah delman.

Setelah mengenal mesin dan bahan bakar manusia mulai menggunakan kendaraan bermesin. Salah satu contohnya adalah mobil. Mobil dapat bergerak lebih cepat jika dibandingkan dengan delman. Mobil digerakan oleh mesin dan bahan bakar.

Setelah mengenal mobil manusia masih membutuhkan alat transportasi yang lebih cepat dibanding mobil yaitu pesawat terbang. Dengan pesawat terbang manusia dapat bepergian lebih jauh.! Urutkan dengan memberi nomor pada kotak tersedia!

Baca juga pembahasan soal halaman selanjutnya berikut ini:

Ayo Mengamati

Salah satu alat transportasi yang banyak digunakan adalah mobil. Apakah kamu suka naik mobil? Maukah kamu menjadi perancang mobil? Sebelum kamu menjadi perancang mobil terkenal, ayo kita buat dulu mobil dari kardus bekas! Amati proses membuat mobil berikut ini!

Peralatan yang dibutuhkan : Pisau, gunting, selotip, lem, kardus bekas (bekas kotak sepatu atau yang seukuran), 1 lembar kertas putih polos, penggaris, dan spidol, dan lem

Langkah-langkah pembuatan :

1. Siapkan peralatan.
2. Selotip dengan rapat bagian kardus yang terpotong dengan rapat.
3. Buat pola pintu mobil pada bagian samping kanan dan kiri kardus.
4. Potong garis pintu seperti pada gambar.
5. Buat pola kaca depan pada bagian atas kardus. Buat garis sekitar 1 cm dari setiap sisi sehingga membentuk persegi panjang. Potong pada 3 bagian sisi. Lalu, lipat potongan ke atas sehingga membentu kaca.
6. Potong kertas putih seukuran persegi panjang pada kaca depan. Lalu tempel bagian kaca depan.
7. Kelebihan kardus pada bagian belakang dilipat ke dalam, sehingga membentuk seperti sandaran kursi mobil.

Amatilah cara membuat kerajinan di atas! Kegiatan apa saja yang kamu lakukan? Tulislah jawabanmu!

Kegiatan yang dilakukan dalam membuat kerajinan:

Jawaban: buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 3 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 171. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 1 subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi. Terimakasih, selamat belajar!