Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar dalam Permainan Bola Voli

Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Bola Voli – Bagaimana variasi dan kombinasi gerak dasar permainan bola voli? Dalam permainan bola voli, bagian tubuh yang paling dominan digunakan adalah lengan.

Dalam permainan bola voli, kamu dapat melakukan variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif. Kamu juga dapat melakukan variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam bola voli.

Variasi Gerak Dasar Lokomotor dengan Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Bola Voli

1. Berjalan Pelan dan Berjalan Cepat dengan Memukul Bola dalam Servis Bawah

Bagaimana memulai gerakan ini? Awalnya, kamu bisa berjalan saat memukul servis bawah. Servis bawah dimulai dari bawah dengan mengayunkan lengan. Posisi badan berdiri beberapa langkah di belakang garis lapangan. Kemudian, berjalan mendekati garis. Selanjutnya, pukul bola dengan salah satu tangan.

Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar dalam Permainan Bola Voli

Setelah itu, berlari memasuki lapangan secepat mungkin. Servis dapat dilakukan dengan tangan kanan, diawali gerak memegang bola menggunakan tangan kiri atau sebaliknya. Jika servis menggunakan tangan kanan, posisi kaki kiri sedikit ke depan dan lutut sedikit ditekuk. Kaki kanan berada di belakang.

Lambungkan bola dengan tangan kiri, ayunkan tangan kanan dengan kuat hingga bola melewati net ke area lapangan lawan. Ikuti langkah kaki ke depan untuk menjaga keseimbangan tubuh.

2. Berjalan dan Melompat dengan Memukul Bola dalam Servis Atas

Bagaimana cara melakukan variasi gerak dasar lokomotor dalam servis atas? Awalnya, posisi badan berdiri beberapa langkah di belakang garis lapangan. Kaki kiri sedikit ke depan dan lutut sedikit ditekuk, sedangkan kaki kanan di belakang.

Untuk orang kidal, berlaku sebaliknya. Jika servis dengan tangan kanan, bola dipegang menggunakan tangan kiri atau sebaliknya. Berjalanlah dan lambungkan bola ke atas kepala.

Lakukan lompatan dan ayunkan tangan kanan dengan telapak tangan memukul bola. Ikuti langkah kaki ke depan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Agar pukulan lebih kuat, lakukan awalan dengan berjalan beberapa langkah tanpa menyentuh bidang lapangan.

Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dengan Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Bola Voli

Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Bola Voli

Contoh variasi dan kombinasi kedua ini terdiri dari menekuk kaki dan mengayun lengan dengan memantulkan bola dalam pasing bawah, dan menekuk kaki dan mengayun lengan dengan mendorong bola dengan pasing atas.

Nah itulah contoh bentuk variasi dan kombinasi gerak dasar dalam permainan bola voli meliputi gerakan lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif.