Variasi Gerak Dasar Manipulatif dan Kombinasi Nonlokomotor Sepak Bola

Contoh Variasi Gerak Dasar Manipulatif dengan Kombinasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Sepak Bola РApa olahraga kegemaranmu? Apakah sepak bola, bola voli, atau bola basket? Ketiga olahraga tersebut termasuk permainan bola besar. Dalam permainan bola besar, terdapat gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif.

Bagaimana  bentuk variasi dan kombinasi gerak dasar manipulatif dan nonlokomotor pada permainan sepak bola? Variasi dan kombinasi gerak dasar tersebut tampak dalam gerakan melempar bola dengan berdiri dan meliukkan badan.

Variasi Gerak Dasar Manipulatif dengan Kombinasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Sepak Bola

Dalam sepak bola, lemparan bola ke dalam (throw in) terjadi ketika bola keluar dari daerah sisi lapangan. Bagaimana variasi gerak dasar manipulatif dengan kombinasi gerak dasar nonlokomotor dalam melempar bola? Amatilah diatas!

Apa yang dapat kamu jelaskan dari Gambar 1.8? Gambar tersebut menunjukkan seseorang akan melakukan lemparan bola ke dalam pada permainan sepak bola. Awalnya, posisi berdiri dan kedua tangan memegang bola ke atas melewati kepala.

Arahkan pandanganmu kepada teman satu tim yang akanmenerima bola. Liukkan badan ke belakang. Kemudian, dorong badan ke depan diikuti ayunan lengan. Saat melempar, kedua kaki menapak di lapangan. Lakukan kegiatan ini dengan semangat dan percaya diri.

Bersama temanmu, praktikkan gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam sepak bola. Agar wawasanmu makin bertambah, kamu dapat mencari sumber bacaan lainnya atau melalui internet. Diskusikan bersama temanmu semua kesulitan yang dihadapi pada saat melakukan variasi gerak dasar tersebut.

Penjelasan yang sudah diberikan merupakan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan sepak bola. Ada banyak variasi dan kombinasi gerak dasar yang dapat dilakukan pesepak bola. Variasi dan kombinasi gerak dasar tersebut harus dikuasai pesepak bola. Untuk meningkatkan kemampuanmu, mari lakukan aktivitas berikut.

Baca Juga: Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar dalam Permainan Bola Voli

One Comment