3 Contoh Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Kasti

Contoh Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Kasti – Dalam permainan kasti, seorang pemain harus menguasai beberapa gerakan dasar, baik itu gerak lokomotor, nonlokomotor maupun manipulatif. Nah pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan pengertian dan bentuk gerak dasar nonlokomotor!

Bagaimana variasi gerak dasar nonlokomotor? Apa sajakah variasi gerak dasar nonlokomotor pada permainan kasti? Mari, kita pelajari materi berikut dengan sungguh-sungguh. Baca dan pahami isi materi dan catat poin-poin penting rangkuman materi dibawah ini!

1. Menekuk Kaki dan Tangan

Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Kasti

Amatilah variasi gerak dasar nonlokomotor seperti gambar diatas. Gambar tersebut menunjukkan posisi awalan sebelum melempar. Praktikkan variasi gerak dasar ini bersama temanmu. Amatilah gerakan temanmu dan bandingkan dengan gerakanmu. Jelaskan hasil pengamatanmu kepada guru secara santun.

Posisi awal berdiri dan kedua kaki dibuka selebar bahu. satu tangan ditekuk seperti memegang bola. Satu kaki dilangkahkan ke depan. Kemudian, ayunkan tangan ke atas di belakang kepala. Posisi ini sebagai awalan persiapan melempar.

2. Memutar Badan dan Mengayunkan Tangan

Bagaimana posisi badan saat melempar? Saat melempar, posisi badan memutar diikuti gerakan mengayunkan tangan. Variasi gerak dasar ini sebagai lanjutan tahap persiapan melempar. Setelah bersiap melempar, lakukan gerakan memutar badan.

Kaki kanan dilangkahkan ke depan dan diikuti ayunkan tangan ke atas depan kepala. Lakukan secara bergantian dengan temanmu. Amatilah gerakan temanmu dan bandingkan dengan gerakanmu. Jelaskan hasil pengamatanmu kepada guru secara santun.

3. Menekuk dan Mengayunkan Tangan

Bagaimana tahap akhir dalam variasi gerak melempar pada permainan kasti? Pada tahap ini, lakukan gerakan menekuk dan mengayunkan tangan. Satu kaki dilangkahkan ke depan. Lengan kanan ditekuk ke atas bersiap melempar.

Langkahkan kaki kiri ke depan diikuti dorongan badan ke depan. Ayunkan tangan kanan untuk melempar. Berat badan bertumpu pada kaki kiri. Lakukan variasi gerak ini dengan disiplin dan tanggung jawab.

Praktikkan variasi gerak dasar nonlokomotor dalam permainan kasti bersama temanmu. Lakukan berbagai variasi gerak dasar berikut.
1. Menekuk kaki dan tangan (awalan sebelum melempar).
2. Memutar badan dan mengayunkan tangan (posisi saat melempar).
3. Menekuk dan mengayunkan tangan (posisi saat melepaskan bola).

Lakukan variasi gerak ini secara disiplin dan tanggung jawab. Mintalah arahan guru jika kamu masih kesulitan melakukannya.