Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dan Kombinasi Manipulatif Sepak Bola

Contoh Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dengan Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Sepak Bola – Apa olahraga kegemaranmu? Apakah sepak bola, bola voli, atau bola basket? Ketiga olahraga tersebut termasuk permainan bola besar. Dalam permainan bola besar, terdapat gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif.

Bentuk variasi dan kombinasi gerak dasar nonlokomotor dan manipulatif pada permainan sepak bola terdiri dari menekuk dan menarik kaki dengan menghentikan bola, berdiri dan meliukkan badan dengan menghentikan bola menggunakan dada, membungkuk dan mengayun kaki dalam menendang. Berikut ini penjelasannya.

1. Menekuk dan Menarik Kaki dengan Menghentikan Bola

Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Sepak Bola

Amatilah gerakan menekuk dan menarik kaki dengan menghentikan bola seperti gambar diatas! Praktikkan gerakan tersebut bersama temanmu dengan semangat dan hati-hati.

Kegiatan ini menunjukkan variasi gerak dasar nonlokomotor (menekuk dan menarik kaki) dengan kombinasi gerak dasar manipulatif (menghentikan bola). Pada saat bola mengenai bagian kaki, segera tarik kaki untuk meredam laju bola.

2. Berdiri dan Meliukkan Badan dengan Menghentikan Bola Menggunakan Dada

Pada saat bola datang secara melambung mendekati tubuh. Selanjutnya, liukkan badan ke belakang saat bola mengenai dada. Berdiri dengan membuka kaki untuk mempertahankan keseimbangan tubuh.

Bersama temanmu, praktikkan gerakan berdiri dan meliukkan badan dengan menghentikan bola. Lakukan aktivitas ini dengan disiplin, sportif, dan tanggung jawab.

3. Membungkuk dan Mengayun Kaki dalam Menendang Bola

Bagaimana gerak dasar membungkuk dan mengayun kaki dalam menendang bola? Bersama temanmu, carilah informasinya dari internet atau buku referensi. Catatlah informasi yang ditemukan dan diskusikan bersama temanmu. Kemukakan hasil diskusi kepada guru secara santun.

Nah itulah tiga Contoh Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dengan Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Sepak Bola beserta contoh gambar dan langkah cara melakukannya. Semoga bermanfaat, terimakasih.