Apa Saja Jenis Pekerjaan yang Terkait dengan Kegiatan Ekonomi di Kabupaten Tabanan: Produksi, Distribusi, Konsumsi

Apa saja jenis pekerjaan yang terkait dengan kegiatan ekonomi di Kabupaten Tabanan? Meliputi produksi, distribusi, dan konsumsi. Pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 4 halaman 36, tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Apa saja kegiatan ekonomi di Kabupaten Tabanan? Produksi, dan distribusi. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Membaca

Kabupaten Tabanan

Apa Saja Jenis Pekerjaan yang Terkait dengan Kegiatan Ekonomi di Kabupaten Tabanan Produksi, Distribusi, Konsumsi

Tabanan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Bali. Kabupaten ini terletak di bagian selatan Pulau Bali. Daerah Tabanan didominasi oleh pegunungan dan pantai.

Sepertiga wilayah Kabupaten Tabanan digunakan sebagai lahan persawahan sehingga kabupaten ini dikenal sebagai daerah agraris. Potensi unggulan Kabupaten Tabanan adalah bidang pertanian. Sebagian besar mata pencaharian penduduknya adalah petani.

Hasil pertanian di Kabupaten Tabanan berupa padi dan sayuran. Sayuran dihasilkan di daerah bertopografi tinggi seperti Baturiti. Hasil sayuran digunakan untuk memenuhi kebutuhan hotel, restoran, dan supermarket di Bali.

Selain pertanian, ternak unggulan Kabupaten Tabanan adalah ayam. Peternakan ayam buras, petelur, dan pedaging berada di Desa Udu dan Bolangan, Kecamatan Penebel. Di Kabupaten Tabanan juga berkembang industri kerajinan, seperti anyaman bambu, keramik, gerabah, logam, dan perak. Industri ini berkembang di Desa Pejaten, Kecamatan Kediri.

Objek wisata di Kabupaten Tabanan juga berkembang pesat. Objek wisata tersebut antara lain Tanah Lot, Alas Kedaton, Bedugul, Ulun, Danau Berantan, dan Kebun Raya Eka Karya. Perkembangan objek wisata ini mendukung berkembangnya usaha jasa seperti restoran, hotel, dan penginapan. Selain dimanfaatkan sebagai objek wisata, potensi kelautan Kabupaten Tabanan juga dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk menangkap ikan.

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan bacaan di atas.

2. Apa saja jenis pekerjaan yang terkait dengan kegiatan ekonomi di Kabupaten Tabanan?

Jawaban:

  • Produksi: petani, peternak, perajin, nelayan.
  • Distribusi: pedagang, sopir, kuli angkut, agen, dan petugas pengirim paket.
  • Konsumsi : Wisatawan dan warga sekitar yang mengkonsumsi hasil pertanian, perikanan dan perkebunan.

5. Tuliskan kesimpulan dari hasil pengamatanmu.

Baca juga pembahasan soal selanjutnya dibawah ini:

Ayo Mengamati

1. Amatilah lingkungan tempat tinggalmu.
2. Identifikasilah kegiatan ekonomi yang ada di lingkungan tempat tinggalmu.
3. Identifikasi pula jenis pekerjaan yang terkait dengan kegiatan ekonomi itu.
4. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

a. Contoh kegiatan ekonomi di lingkungan tempat tinggalku.

Produksi :
Distribusi :
Konsumsi :

Jawaban: buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 4 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 36. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 4 subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku. Terimakasih, selamat belajar!