Apa Saja Keunikan Desa-Desa Pada Bacaan Desa Unik di Bali Kelas 5

Apa saja keunikan desa-desa pada bacaan desa unik di Bali? pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 73 tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 2 Perubahan Lingkungan di buku tematik siswa sekolah dasar.

Apa Saja Keunikan Desa-Desa Pada Bacaan Desa Unik di Bali

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal kliping mengenai jenis-jenis usaha yang dikelola perorangan di buku tematik.

Ayo Membaca

Desa Unik di Bali

Bali merupakan tujuan wisata yang sangat terkenal, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Banyak hal yang membuat Bali menarik untuk dikunjungi wisatawan. Salah satu daya tarik Bali adalah adanya beberapa desa unik. Desa apa sajakah itu? Apa keunikannya? Bacalah penjelasan berikut. (baca secara lengkap di buku tematik)

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 73

Ayo Berdiskusi

Buatlah kelompok diskusi bersama 4-5 orang temanmu. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Apa saja keunikan desa-desa pada bacaan “Desa Unik di Bali”?

Jawaban : Keunikan desa-desa pada bacaan yaitu:
– Desa Tenganan unik karena merupakan salah satu desa tertua di Bali dan merupakan salah satu desa asli suku Bali.
– Desa Trunyan unik karena tradisi pemakamannya yaitu orang meninggal hanya diletakkan di atas tanah, bahkan di atas pohon.
– Desa Penglipuran unik karena memiliki struktur bangunan yang teratur dan rapi, serta adat pemasangan dan penurunan odalan.

2. Adakah keunikan dari daerah tempat tinggalmu? Apa sajakah itu?

Jawaban : Ada, salah satu keunikan desaku yaitu terdapat upacara adat sedekah bumi.

3. Bagaimana sikapmu atas perbedaan budaya dan adat istiadat daerahmu dengan daerah lain?

Jawaban : Sikap kita yaitu harus saling menghargai walaupun saling berbeda suku/budaya/adat istiadat, tidak saling menghina.

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 8 kelas 5 SD Halaman 73 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 subtema 2 Perubahan Lingkungan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: Pembelajaran 4 subtema 2