Apa yang Dilakukan Salah Satu Teman Udin Sehingga Ia Jatuh Sakit

Apa yang dilakukan salah satu teman Udin sehingga ia jatuh sakit? Pembahasan kunci jawaban soal SD kelas III (3) pada pembelajaran 5 tema 1 subtema 1 ciri-ciri makhluk hidup di buku paket tematik halaman 39. Untuk menjawab soal tersebut, perhatikan dan amati gambar berikut ini!

Apa yang Dilakukan  Salah Satu Teman Udin Sehingga Ia Jatuh Sakit

Bekerjalah dengan cara berkelompok! Buatlah cerita berdasarkan gambar di atas. Buatlah cerita pada tempat yang sudah disediakan di halaman berikutnya! Ceritakan hasil kerja kelompokmu di depankelompok yang lain!

Contoh Cerita Berdasarkan Gambar :

Udin dan teman-temanya senang bermain tanah. Bermain tanah bisa menyebabkan tangan menjadi kotor. Sebaiknya jika selesai bermain tanah segera cuci tangan supaya tangan tetap bersih. Jika tangan yang kotor tersebut mengenai makanan yang kita makan maka kuman akan masuk ke dalam tubuh.

Sebaiknya sebelum menyentuh makanan tangan harus bersih. Setelah bermain tanah, tentunya banyak kuman yang hinggap ditangan. Saat dia makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, menyebabkan ia mudah untuk sakit.

  • Gambar 1 menunjukkan Udin dan teman-teman sedang bermain tanah.
  • Gambar 2 salah satu teman Udin yang sudah bermain tanpa mencuci tangan langsung makan. Sementara Udin dan teman-teman lainnya mencuci tangan terlebih dahulu.
  • Gambar 3 semua siswa sedang makan bersama.
  • Gambar 4 siswa yang tidak mencuci tangan sedang terbaring sakit.

Soal : Apa yang dilakukan salah satu teman Udin sehingga ia jatuh sakit?

Jawaban : Teman Udin jatuh sakit karena setelah bermain ia langsung makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Aturan Sebelum Makan

Salah satu ciri makhluk hidup adalah tumbuh. Untuk bertumbuh makhluk hidup perlu makanan dan air. Makanan yang baik untuk pertumbuhan adalah makanan yang bersih dan sehat.

Kebersihan makanan juga akan mempengaruhi pertumbuhan. Jika makanan yang kita makan tidak bersih, kesehatan dan pertumbuhan kita akan terpengaruh.

Salah satu cara menjaga makanan agar tetap bersih adalah dengan menutup makanan. Hal ini perlu dilakukan agar makanan tidak dihinggapi lalat atau hewan lainnya. Makanan dapat menjadi tempat lalat bertelur yang menyebabkan makanan menjadi kotor.

Selain menjaga kebersihan, kita juga harus berdoa sebelum makan. Berdoa untuk berterima kasih atas karunia yang diberikan-Nya. Makan sesuai kebutuhan, menjaga kebersihan makanan, serta berdoa sebelum dan sesudah makan merupakan contoh sikap bersyukur.

Sikap bersyukur merupakan pengamalan sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan yang Maha Esa. Jika kita sudah makan sesuai kebutuhan, menjaga kebersihan, serta berdoa sebelum dan sesudah makan, berarti kita sudah melaksanakan sila pertama Pancasila.

Berdoa juga menunjukkan sikap berterima kasih kepada Tuhan. Selalu berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan juga merupakan contoh pengamalan sila pertama Pancasila.