Apa yang Menyebabkan Munculnya Energi Panas Bumi?

Apa yang menyebabkan munculnya energi panas bumi? Pembahasan kunci jawaban soal PTS (Penilaian Tengah Semester) kelas 3 SD / MI di buku tematik siswa pada materi pembelajaran tematik 6 subtema 1 dan 2.

Apa yang Menyebabkan Munculnya Energi Panas Bumi

Pertanyaan tentang penyebab munculnya energi panas bumi kali ini merupakan lanjutan soal sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Sebutkan 3 contoh melakukan kegiatan yang bermanfaat dalam menggunakan energi!

Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Pembahasan Soal dan Jawaban:

Bacalah teks berikut untuk nomor 3 dan 4!

Energi panas bumi

Energi panas bumi adalah panas yang terdapat di dalam bumi. Biasanya, panas bumi muncul di permukaan bumi akibat aktivitas vulkanik (gunung berapi). Oleh sebab itu, di sekitar gunung berapi terdapat tempat-tempat yang menyemburkan gas atau air panas. Terdapat 3 sumber utama panas geotermal, yaitu uap alam, air panas, dan batuan kering panas. Sejauh ini, uap geotermal telah dipakai, terutama untuk pembangkit listrik. Air panas telah dimanfaatkan secara luas untuk pemanasan, tetapi pemakaiannya untuk pembangkit tenaga sedang diteliti. Batuan kering panas adalah sumber panas terbesar masih diteliti untuk penggunaan yang tepat.

Apa yang menyebabkan munculnya energi panas bumi?

Jawaban:

Yang menyebabkan munculnya energi panas bumi ialah aktivitas vulkanik (gunung berapi)

Demikian pembahasan kunci jawaban soal PTS (Penilaian Tengah Semester) kelas 3 SD/MI di buku tematik tema 6 subtema 1 dan 2 tentang penyebab munculnya energi panas bumi. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian.

Baca juga pembahasan soal dibawah ini:

4. Sebutkan sumber panas geotermal dan jelaskan singkat masing-masing manfaatnya!

Jawaban: buka DISINI.