Apakah Tumbuhan Juga Bergerak Diskusikan Dengan Temanmu Kelas 3 Halaman 10

Apakah tumbuhan juga bergerak? Diskusikan dengan teman-temanmu! Kunci jawaban soal tema 1 subtema 1 pembelajaran 2 materi ciri-ciri makhluk hidup kelas 3 SD pada buku paket tematik halaman 10. Pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan bahwa makhluk hidup dapat bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang.

Nah setiap makhluk hidup dapat bergerak dengan cara yang berbeda-beda. Misalnya manusia berjalan menggunakan kaki, ikan berenang dengan sirip dan cicak merayap di dinding. Ketiga contoh gerakan tersebut tentu dapat kita lihat, bagaimana dengan tumbuhan? Apakah kamu pernah melihat tumbuhan bergerak?

Apakah Tumbuhan Juga Bergerak? Diskusikan Dengan Temanmu

Tumbuhan ternyata juga bergerak loh. Gerak ini dilakukan untuk merespons rangsang seperti air dan cahaya matahari. Gerak dilakukan melalui gerak nasti, tropisme, dan taksis. Berikut ini penjelasannya!

Gerak tanaman dapat berupa:

  • Gerak nasti (tidak tergantung arah rangsang), misalnya pada daun putri malu yang disentuh.
  • Gerak tropisme (gerak dalam pertumbuhan), misalnya pertumbuhan tunas mendekati arah cahaya.
  • Gerak taksis (tergantung arah rangsang luar), misalnya pergerakan bunga matahari yang mengikuti matahari

Selain bergerak, tumbuhan juga bernafas. Untuk membuktikannya, silahkan lakukan beberapa langkah berikut ini :

  • Siapkan sebuah tanaman pada pot, lalu salah satu dahannya ditutup rapat dengan plastik.
  • Letakkan pot tersebut di tempat yang terkena sinar matahari.
  • Setelah itu akan terlihat ada embun pada plastik tersebut.

Pada tumbuhan, kita sering mendengar kata Fotosintesis. Apa itu fotosintesis? Singkatnya merupakan proses pengolahan makanan pada tumbuhan. Bahan untuk membuat makanan adalah air dan karbondioksida.

Bahan-bahan diperoleh dari dalam tanah. Pengambilannya diserap tumbuhan melalui akar. Sedangkan karbondioksida diperoleh melalui mulut daun (stomata) dan lubang kecil pada batang (lentisel).

Fotosintesis hanya terjadi pada tumbuhan yang berdaun hijau saja. Hal ini karena daun tersebut memiliki klorofil atau zat hijau daun. Klorofil diperlukan untuk proses pembuatan makanan. Klorofil bertugas mengikat cahaya.

Untuk menjaga tanah agar tetap subur dan dapat menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tumbuhan. Biasanya ditambahkan pupuk.sehingga jika tanahnya subur, maka tumbuhan dapat berkembang biak dan melakukan fotosintesis dengan baik. Nah itulah jawaban apakah tumbuhan juga bergerak, ternyata bisa bergerak.

Baca Juga Pembahasan Soal Halaman Selanjutnya:

Apa lagi nama alat pernapasan pada hewan selain insang pada ikan? Sebutkan!

Jawaban: buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 3 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 10. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 2 Subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup. Terimakasih, selamat belajar! Jawaban lengkap, buka disini : Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 3 Halaman 10 11 12 13 14 15 18 20 21 Pembelajaran 2 Subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup

2 Comments