Apakah tumbuhan memerlukan makanan? Apa makanan untuk tumbuhan?

Apakah tumbuhan memerlukan makanan? Apa makanan untuk tumbuhan? Kunci jawaban soal SD kelas 3 pembelajaran 2 tema 1 subtema 1 ciri-ciri makhluk hidup di buku paket tematik halaman 14. Pada pembahasan sebelumnya dijelaskan bahwa makhluk hidup dapat berkembang biak.

Cara berkembang biak makhluk hidup berbeda-beda. Ada yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Ada juga yang berkembang biak dengan cara bertelur. Contoh hewan yang melahirkan seperti sapi, kambing dan beruang. Kemudian contoh hewan yang bertelur seperit ayam, bebek dan buaya.

Apakah tumbuhan memerlukan makanan? Apa makanan untuk tumbuhan?

Selain berkembang biak, makhluk hidup memerlukan makanan dan air. Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan untuk makanan. Sebagian hewan juga memerlukan tumbuhan untuk makanan. Lalu, apakah tumbuhan memerlukan makanan?

Jawaban :

Tentu saja tumbuhan memerlukan makanan sebab tumbuhan termasuk ke dalam kelompok makhluk hidup yang membutuhkan nutrisi dalam mendukung kehidupan baik itu pertumbuhan maupun perkembangannya.

Contoh yang membuktikan tumbuhan membutuhkan nutrisi adalah tanaman yang tidak disiram dengan air akan layu dan mati, tanaman yang dipupuk dengan baik akan tumbuh subur dan lebat.

Kemudian apa makanan untuk tumbuhan?

Makanan tumbuhan adalah zat makanan berupa glukosa (C₆H₁₂O₆) yang dihasilkan/diperoleh dari proses fotosintesis. Penjelasan lengkap dapat disimak dalam pembahasan. Tumbuhan hijau atau tumbuhan yang memiliki klorofil (zat hijau daun) merupakan organisme autotrof.

Apa itu organisme autotrof? Organisme autotrof adalah organisme yang bisa memproduksi makanannya sendiri. Bagaimana tumbuhan hijau menghasilkan makanannya sendiri? Tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri melalui suatu proses yang dinamakan proses fotosintesis.

Untuk melakukan proses fotosintesis diperlukan bahan-bahan berupa karbon dioksida (CO₂) dari udara dan air (H₂O) dari dalam tanah. Selain itu, tentu saja membutuhkan bantuan cahaya matahari. Cahaya matahari diserap oleh klorofil (zat hijau daun).

Proses fotosintesis terjadi di daun. Proses fotosintesis menghasilkan glukosa (C₆H₁₂O₆) yang digunakan sebagai makanan bagi tumbuhan itu sendiri. Selain itu, fotosintesis juga menghasilkan O₂ yang dibuang ke udara.