Bagaimana Perumpamaan Hari Kebangkitan Mengapa Kita Perlu Bersilaturahmi

Bagaimana perumpamaan hari kebangkitan, Mengapa kita perlu bersilaturahmi, pembahasan pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas 4 Ayo Kerjakan kurikulum merdeka, tepatnya pada materi Bab 6 pada buku semester 1.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya dimana kalian telah mengerjakan soal Mengapa Manusia Bisa Tergelincir Ke Tempat yang Serendah-rendahnya.

Hadis tentang Silaturahmi

Anak-Anak, di semester pertama kita sudah belajar bahwa manusia diciptakan beragam, bukan? Manusia diciptakan oleh Allah berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya saling mengenal.

Kita juga sudah belajar tentang pesan pokok surah at-Tīn, bukan? Salah satu pesan pokok surah at-Tīn yaitu manusia diciptakan oleh Allah dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Dengan kelebihan itu, manusia diberi amanat untuk menjadi pemimpin di bumi. Tugasnya melestarikan bumi.

Untuk melestarikan bumi, manusia dapat bekerja sama. Karenanya manusia perlu bersilaturahmi. Nah, sekarang kita akan belajar tentang silaturahmi.

Bagaimana Perumpamaan Hari Kebangkitan Mengapa Kita Perlu Bersilaturahmi

Ayo Kerjakan
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

5. Bagaimana perumpamaan hari kebangkitan?

Jawaban : Jika musim kemarau, tanah terlihat retak. Daun berguguran. Tumbuhan kering. Terlihat seperti mati. Jika musim hujan, di sekeliling kita terlihat hijau. Rumput dan pohon tumbuh. Padahal sebelumnya terlihat seperti mati. Begitulah perumpamaan hari kebangkitan.

6. Mengapa kita perlu bersilaturahmi?

Jawaban : Manusia memang membutuhkan sahabat dan saudara. Ketika kita sedang merasakan kegembiraan, terasa hambar jika hanya merasakannya sendiri. Kita semakin bergembira jika sahabat dan saudara pun merasakan kegembiraan kita. Ketika sedih, kita pun membutuhkan sahabat yang mendampingi agar tidak larut sedih.

Jawaban soal diatas lengkap, buka DISINI

Demikian pembahasan pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas 4 SD MI kurikulum merdeka Bab 6 Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. At-Tīn dan Hadis tentang Silaturahmi di buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IV semester 1. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!

One Comment