Bagian Lagu Cicak di Dinding yang Menunjukkan Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Bagian mana dari lagu Cicak Di Dinding di atas yang menunjukkan ciri-ciri makhluk hidup ? Ada banyak makhluk hidup di sekitar kita. Makhluk hidup adalah manusia, hewan, dan tumbuhan. Makhluk hidup merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Semua makhluk merupakan kekayaan yang harus kita syukuri.

Setiap makhluk hidup memiliki ciri-ciri tertentu. Sebagian besar makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang sama, yaitu bergerak, bernapas, berkembang biak, tumbuh, makan, dan peka terhadap rangsang. Mari kita pelajari lebih lanjut makhluk hidup di sekitar kita.

Cicak adalah salah satu contoh makhluk hidup. Untuk mengetahui ciri-ciri cicak sebagai makhluk hidup, nyanyikanlah lagu berikut ini. Nyanyikan lagu sesuai petunjuk gambar di bawah syair! Nyanyikan bersama teman-temanmu!

Bagian Lagu Cicak di Dinding yang Menunjukan Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Bagian mana dari lagu di atas yang menunjukkan ciri-ciri makhluk hidup? Perhatikan kembali syair lagu “Cicak di Dinding”. Berdasarkan syair lagu tersebut cicak memiliki ciri- ciri dapat bergerak dengan cara merayap di dinding dan memerlukan makanan. Makanan cicak adalah nyamuk.

Bergerak dan makan merupakan salah satu ciri-ciri makhluk hidup. Selain kedua ciri tersebut, ada ciri-ciri lain. Berikut ini secara lengkap :

  • Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang.

Makhluk hidup dapat bergerak sehingga dapat berpindah tempat. Cara bergerak makhluk hidup berbeda-beda. Manusia berjalan atau berlari menggunakan kaki. Burung terbang menggunakan sayap. Ikan berenang menggunakan sirip, dan lain-lain.

Makhluk hidup bernapas. Alat pernapasan makhluk hidup bermacam-macam. Manusia bernapas dengan paru-paru. Ikan bernapas dengan insang. Serangga bernapas dengan trakea. Tumbuhan bernapas dengan stomata.

Makhluk hidup tumbuh. Manusia ketika bayi tubuhnya kecil lalu berangsur-angsur tumbuh menjadi besar. Begitupun hewan dan tumbuhan mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan adalah proses bertambahnya ukuran tubuh.

Makhluk hidup berkembang biak. Misalnya pada manusia, ibu melahirkan bayi. Ini membuktikan manusia berkembang biak. Berkembang biak artinya menghasilkan keturunan. Hewan pun berkembang biak. Ada hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan dan bertelur. Begitupun tumbuhan juga berkembang biak. Tujuan berkembangbiak adalah melestarikan jenisnya agar tidak punah.

Nah itulah kunci jawaban soal pembelajaran 1 tema 1 subtema 1 ciri-ciri makhluk hidup tentang Bagian mana dari lagu Cicak Di Dinding di atas yang menunjukkan ciri-ciri makhluk hidup.