Berdasarkan Teks Diatas, Apa Pengertian Mendung? Tanda Hujan

Berdasarkan teks diatas, apa pengertian mendung? Apa tanda akan diturunkannya hujan? Pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 3 SD/MI, soal PTS (penilaian tengah semester) pada pembelajaran subtema 1 dan 2.

Bacalah teks berikut ini dengan cermat!

Jangan Takut pada Hujan

Berdasarkan Teks Diatas, Apa Pengertian Mendung

Cuaca mulai berganti menjelang siang. Matahari tertutup awan. Mendung pun datang. Saat mendung, langit berubah menjadi agak gelap. Tidak ada sinar matahari.

Mendung adalah awan yang mengandung hujan. Makna ini tertulis pada Kamus Bahasa Indonesia. Cuaca mendung berlangsung lama dan kelam. Itu menandakan akan turun hujan.

Saat hujan, terkadang petir dan kilat menyertai. Pernahkah kalian mendengar bunyi petir saat hujan? Adakah yang pernah melihat kilat saat hujan? Saat hujan, sebaiknya kita berlindung dalam rumah. Dapat juga berlindung di sekolah dengan aman.

3. Berdasarkan teks diatas, apa pengertian mendung?

Jawab: Mendung adalah awan yang mengandung hujan, berlangsung lama dan kelam.

4. Berdasarkan teks diatas, apa tanda akan diturunkannya hujan?

Jawab: Tanda utama akan adanya hujan adalah mendung. Awan atau mendung adalah uap air yang mengumpul dan akan mengalami kondensasi (mengembun) sehingga menjadi titik-titik curah hujan.

Baca juga pembahasan soal selanjutnya berikut ini :

Bagaimana cara melakukan gerakan menari menirukan burung ketilang? Jawaban: buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban soal kelas 3 SD/MI tentang Pengertian Mendung. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!

One Comment