Jawaban Carilah Sebuah Cerita Rakyat yang Berasal Dari Daerahmu Tema 8 Kelas 4

Carilah sebuah cerita rakyat yang berasal dari daerahmu jawa barat dan jawa tengah, Tulis kembali cerita rakyat dari daerahmu dalam kolom di bawah ini, pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 4 halaman 73 75 78 79 80 81 82 tepatnya pada materi pembelajaran 2 Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Tokoh Protagonis dalam Cerita Berjudul Terjadinya Selat Bali. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Carilah sebuah cerita rakyat yang berasal dari daerahmu jawa barat dan jawa tengah

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 79 Sampai 80

Ayo Menulis

Carilah sebuah cerita rakyat yang berasal dari daerahmu, Tulis kembali cerita rakyat dari daerahmu dalam kolom di bawah ini.

Jawaban :

Legenda Jaka Tarub dan Tujuh Bidadari
Jaka Tarub adalah seorang pemuda gagah yang memiliki kesaktian. Ia sering keluar masuk hutan untuk berburu di kawasan gunung keramat. Di gunung tersebut terdapat sebuah danau bernama Toyawening.. Saat berburu, tanpa sengaja, ia melihat dan kemudian mengamati tujuh bidadari yang sedang mandi di danau tersebut.

Karena terpikat, Jaka Tarub mengambil selendang berwarna oranye yang tengah disampirkan milik salah seorang bidadari. Ketika para bidadari selesai mandi, mereka berdandan dan siap kembali ke kahyangan. Salah seorang bidadari bernama Nawangwulan tidak mampu ikut kembali ke kahyangan karena tidak menemukan selendangnya.

Ia pun akhirnya ditinggal pergi oleh kawan-kawannya karena hari sudah beranjak senja. Jaka Tarub lalu muncul dan berpura-pura menolong. Dewi Nawangwulan pun bersedia ikut pulang ke rumah Jaka Tarub dan singkat cerita, Dewi Nawangwulan menyetujui lamaran Jaka Tarub dan akhirnya menikah.

Dari pernikahan ini lahirlah seorang putri yang dinamai Nawangsih. Sebelum menikah, Nawangwulan mengingatkan pada Jaka Tarub agar tidak sekali-kali menanyakan rahasia kebiasaan dirinya kelak setelah menjadi isteri. Rahasia tersebut adalah bahwa Nawangwulan selalu menanak nasi menggunakan hanya sebutir beras dalam penanak nasi namun menghasilkan nasi yang banyak.

Jaka Tarub yang penasaran tidak menanyakan tetapi langsung membuka tutup penanak nasi. Akibat tindakan ini, kesaktian Nawangwulan hilang. Sejak itu ia menanak nasi seperti umumnya wanita biasa.

Akibat hal ini, persediaan gabah di lumbung menjadi cepat habis. Ketika persediaan gabah tinggal sedikit, Nawangwulan menemukan selendangnya, yang ternyata disembunyikan suaminya di dalam lumbung agar ia tidak bisa kembali ke kahyangan.

Nawangwulan yang marah mengetahui kalau suaminya yang telah mencuri benda tersebut mengancam meninggalkan Jaka Tarub. Jaka Tarub memohon istrinya untuk tidak kembali ke kahyangan. Namun tekad Nawangwulan sudah bulat. Nawangwulan pun terbang menuju kahyangan tempat asalnya.

Hanya saja, pada waktu-waktu tertentu ia rela datang ke bumi untuk menyusui bayi Nawangsih. Hanya saja saat Nawangwulan menemui Nawangsih Jaka Tarub tidak boleh bersama Nawangsih.

Sebutkan tokoh protagonis dan antagonis dalam cerita yang telah kamu tulis!

Jawaban : Tokoh protagonis dalam legenda Jaka Tarub dan Tujuh Bidadari adalah Nawangwulan.

Ayo Berlatih
Kamu telah mengenal tentang gaya. Gaya dapat memengaruhi gerakan benda. Ayo ingat kembali, apa saja macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda? Tuliskan dalam kotak di bawah ini.

Jawaban, buka disini: Apa Saja Macam Pengaruh Gaya Terhadap Gerakan Benda

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 4 halaman 79 tepatnya pada materi pembelajaran 2 Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Semoga berguna dan bermanfaat. Terimakasih, selamat belajar!

One Comment