Catatlah Beberapa Pertanyaan Berdasarkan Teks Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya

Setelah kamu membaca teks bacaan di atas, catatlah beberapa pertanyaan berdasarkan teks bacaan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya, pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 5 halaman 13 15 16 17 tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 1 Komponen Ekosistem di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Berdasarkan Bacaan Jenis-Jenis Ekosistem Temukanlah Pikiran Utama di buku tematik.

Catatlah Beberapa Pertanyaan Berdasarkan Teks Bacaan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 15

Ayo Membaca

Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya
Berdasarkan jenis makanannya, hewan dikelompokkan menjadi tiga golongan. Ketiga golongan itu adalah golongan herbivor, karnivor, dan omnivor.

Kelompok hewan herbivor merupakan hewan yang makanannya berasal dari tumbuhan. Hewan ini memiliki susunan gigi yang khas. Gigi hewan ini terdiri atas gigi seri dan gigi geraham, dan tidak memiliki gigi taring. Gigi seri berada di depan dan tajam. Gigi ini berguna untuk memotong makanan. Sementara itu, gigi geraham berfungsi untuk menghaluskan makanan yang telah dipotong oleh gigi seri. Contoh hewan yang termasuk kelompok ini adalah sapi, kelinci, kerbau, dan rusa.

Kelompok hewan karnivor adalah kelompok hewan yang memakan hewan lain. Sebagian besar hewan yang termasuk di dalam kelompok ini merupakan hewan buas dan liar. Hewan ini harus berburu untuk mendapatkan makanan. Oleh karenanya, hewan ini memiliki gigi taring yang tajam dan kuat. Gigi taring berguna untuk merobek dan mengoyak mangsa. Hewan ini juga memiliki gigi seri yang tajam dan kuat meskipun berukuran kecil. Gigi ini juga berfungsi untuk memotong makanan. Hewan yang termasuk dalam kelompok ini adalah harimau, singa, anjing, buaya, dan ular.

Kelompok hewan omnivor merupakan kelompok hewan yang makanannya berasal dari tumbuhan maupun hewan lain. Hewan omnivor memiliki susunan gigi tersendiri. Gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham hewan ini berkembang dengan baik untuk menyesuaikan dengan makanannya. Gigi seri dan gigi taring digunakan ketika memakan makanan yang berupa hewan lain. Sementara itu, gigi seri dan gigi geraham digunakan ketika memakan makanan berupa tumbuhan. Orangutan, gorila, dan monyet, merupakan beberapa contoh hewan yang termasuk dalam kelompok ini.

Setelah kamu membaca teks bacaan di atas, catatlah beberapa pertanyaan berdasarkan teks bacaan. Catat juga pertanyaan yang berhubungan dengan teks bacaan. Tuliskan pertanyaanmu di tempat yang tersedia di bawah ini. Ingatlah untuk selalu menggunakan kata tanya yang tepat dan ejaan bahasa Indonesia yang benar.

Simpanlah pertanyaanmu hingga kamu menemukan jawaban pertanyaanmu dari kegiatan belajar hari ini.

Jawaban :

1. Apa saja golongan hewan berdasarkan jenis makanannya?
2. Apa ciri khas gigi hewan herbivora?
3. Apa fungsi dari gigi taring yang dimiliki hewan karnivora?
4. Mengapa setiap jenis hewan memiliki susunan gigi yang berbeda-beda?

Jawabannya :
1. Hewan herbivor, karnivor, dan omnivora.
2. Memiliki gigi seri dan geraham tanpa gigi taring.
3. Untuk merobek dan mengoyak mangsa.
4. Karena antara jenis makanan antara herbivor, karnivor, dan omnivor memiliki perbedaan tekstur. Ada yang mudah hancur dan sulit hancur.

Ayo Berlatih
Lakukanlah kegiatan berikut ini bersama dengan teman sekelompokmu yang terdiri atas empat atau lima orang. Sediakanlah kertas ukuran A3, spidol, pensil, dan penggaris. Lalu, buatlah tabel seperti contoh berikut.

Jawaban, buka disini: Nama Hewan Jenis Makanan Kelompok Hewan

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 5 kelas 5 SD halaman 15 tentang Catatlah Beberapa Pertanyaan Berdasarkan Teks Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 2 subtema 1 Komponen Ekosistem di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian:

2 Comments