7 Contoh Kerajinan Bahan Limbah Keras Organik dan Anorganik

Contoh Kerajinan Bahan Limbah Keras Organik dan Anorganik – Setelah sebelumnya kita bahas mengenai, prinsip, jenis, karakteristik, proses pengolahan dan proses produksi, pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari cara pembuatan masing-masing contoh produk kerajinan limbah keras.

Contoh Kerajinan Bahan Limbah Keras Organik dan Anorganik

Kerajinan Bahan Limbah Keras Organik

Bahan limbah organik keras dapat menghasilkan produk kerajinan yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Apalagi jika didesain de ngan inovasi yang selalu mengikuti perkembangan zaman.

Contoh produk kerajinan bahan limbah keras yang telah jadi akan semakin bernilai jika diberi kemasan yang baik dan menarik. Di bawah ini contoh produk kerajinan dari limbah keras organik yang dapat menginspirasi pembuatan karya

1. Kerajinan Limbah Cangkang Kerang

Contoh Kerajinan dari Bahan Limbah Cangkang Kerang
Sumber: Liputan6

Banyak orang sudah banyak yang memanfaatkan cangkang kerang ini sebagai karya kerajinan. Turis mancanegara pun banyak yang menyukai karya kerajinan dari cangkang kerang produksi pengrajin Indonesia.

2. Kerajinan Limbah sisik ikan

Contoh Kerajinan dari Bahan Limbah sisik ikan
Sumber: Belanja.com

Sebagian besar jenis ikan menghasilkan sisik yang berbeda ukuran dan ketebalannya. Sisik ikan kakap lebih sering digunakan sebagai produk kerajinan karena sisiknya lebih kokoh, tebal, dan besar dibanding sisik ikan mas atau mujair.

3. Kerajinan Limbah Tulang ikan

Contoh Kerajinan dari Bahan Limbah Tulang ikan
Sumber: Jowonews.com

Limbah tulang ikan ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar kerajinan yang cukup unik dan artistik. Produk kerajinan dari tulang ikan masih tergolong langka, sehingga sangat berpotensi dikembangkan lebih lanjut.

4. Kerajinan Limbah Tempurung Kelapa

Contoh Kerajinan dari Bahan Limbah Tempurung Kelapa
Sumber: Matakaca.com

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan dari tempurung kelapa cukup mudah untuk didapatkan, seperti lem kayu, tempurung kelapa, dempul, melanin/politur, amplas, dan cat.

Kerajinan Bahan Limbah Keras Anorganik

Limbah keras anorganik yang dapat didaur ulang yaitu plastik, pecahan keramik, pecahan kaca, dan potongan logam. Limbah-limbah keras anorganik dapat dipilah-pilah sesuai kebutuhan. Jika dinilai tidak layak pakai, limbah keras dapat dimusnahkan dengan cara peleburan dan pembakaran.

Limbah yang masih layak pakai dapat dimanfaatkan kembali menjadi karya kerajinan. Jika limbah sudah beralih manfaat menjadi barang kerajinan, secara ekonomi nilainya akan meningkat.

Lakukanlah proses recycle yaitu mendaur ulang limbah keras anorganik menjadi karya kerajinan, agar kita dapat membantu menyelesaikan masalah polutan di lingkungan kita. Mulailah dari sekarang, untuk hidup yang lebih baik!

1. Kerajinan Limbah Plastik

Contoh Kerajinan dari Bahan Limbah Plastik
Sumber: rumahmesin.com

Limbah plastik dapat dibuat menjadi benda kerajinan dengan sedikit ketekunan. Kegiatan mengolah limbah plastik lebih mudah dibanding benda keras lainnya. Limbah ini cukup dibersihkan saja, kemudian bisa dibentuk menjadi produk kerajinan

2. Kerajinan Limbah Pecahan Keramik

Contoh Kerajinan dari bahan Limbah Pecahan Keramik
Sumber: republika.co.id

Memanfaatkan limbah pecahan keramik untuk diolah menjadi karya kerajinan tentunya sesuatu pekerjaan yang unik. Melihat limbah jenis keras seperti pecahan keramik ini tentunya dalam pikiran kita hanya dapat dilakukan oleh kaum laki-laki.

3. Kerajinan Limbah Pecahan Kaca

Contoh Kerajinan dari bahan Limbah Pecahan Kaca
Sumber: Brainly.co.id

Botol kaca bekas jika dijual ke penadah hanya dapat menghasilkan beberapa ribu rupiah saja, tetapi jika diolah dengan teknologi tinggi seperti pemanasan, botol kaca ini akan berubah menjadi batu- batu cantik yang berkilau dan dapat dibuat menjadi berbagai asesoris atau hiasan lainnya.

Nah itulah inspirasi tujuh contoh kerajinan bahan limbah keras organik dan anorganik. Pelajari langkah-langkah untuk membuat kerajinan dari bahan limbah keras, lalu praktekan.

One Comment