5 Contoh Penyakit yang Mengganggu Organ Peredaran Darah Manusia

Contoh penyakit yang bisa mengganggu organ peredaran darah manusia beserta cara pencegahannya, pembahasan kunci jawaban soal tema 4 kelas 5 SD halaman 95 pembelajaran 1 materi Subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia di buku tematik siswa.

Contoh penyakit yang bisa mengganggu organ peredaran darah manusia beserta cara pencegahannya

Ayo Membaca

Sebagaimana ditegaskan dalam sebuah penelitian di Inggris tepatnya British Medical Association (BMA) bahwa bersepeda sejauh 20 mil dalam seminggu akan mengurangi risiko penyakit jantung koroner sebesar 50%. Bersepeda dengan santai akan mengatur detak jantung sehingga otot- otot jantung bekerja dengan baik.

Jantung sangat berperan dalam peredaran darah manusia, yaitu sebagai pemompa. Selain jantung, organ peredaran darah manusia lainnya adalah pembuluh darah. Pembuluh darah manusia memiliki fungsi sebagai pengangkut makanan dan berbagai zat sisa-sisa metabolisme tubuh.

Pembuluh darah dan jantung bertanggung jawab untuk mengalirkan darah yang mengandung nutrisi, oksigen, hormon, dan gas-gas lain. Organ peredaran darah manusia, dapat mengalami gangguan oleh penyakit maupun berbagai kelainan, di antaranya jantung koroner. Oleh karena itu, jantung perlu dijaga kesehatannya.

Apa itu jantung koroner? Jantung koroner merupakan penyakit jantung yang disebabkan oleh tersumbatnya arteri koroner, yaitu pembuluh yang menyuplai darah ke jantung. Penyumbatan pembuluh tersebut dapat terjadi karena adanya endapan lemak, terutama berupa kolesterol pada lapisan dalam dinding pembuluh. Penyumbatan pembuluh arteri dikenal dengan istilah arteriosklerosis.

Kunci Jawaban Soal Tema 4 Kelas 5 SD Halaman 95

Selain jantung koroner, masih banyak contoh penyakit yang dapat mengganggu organ peredaran darah. Sekarang, tugas kamu untuk mencari contoh penyakit yang bisa mengganggu organ peredaran darah manusia beserta cara pencegahannya. Kamu bisa mencari informasi tersebut dari berbagai sumber bacaan, termasuk internet. Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti berikut!

Jawaban :

No.PenyakitCara Pencegahannya
1.Hipertensi (darah tinggi)Cara mencegah penyakit ini yaitu dengan cara melakukan olahraga rutin, menjaga berat badan ideal, perbanyak konsumsi makanan rendah lemak, kaya serat, mengurangi konsumsi garam, alkohol, rokok, serta kafein.
2.Hipotensi (darah rendah)Cara mencegah penyakit ini yaitu dengan cara memperbanyak mengkonsumsi air putih dan garam, menghindari mengkonsumsi minuman berakohol, hindari tempat bertemperatur tinggi, serta tidak makan dalam porsi berlebih.
3.Miokarditis (kelainan otot jantung)Cara mencegah penyakit ini yaitu dengan cara sering melakukan vaksinasi, rutin melakukan hubungan suami istri, serta menjaga kebersihan tempat tinggal makanan, dan kebersihan diri.
4.VarisesCara mencegah penyakit varises yaitu dengan cara melakukan olahraga teratur, tidak duduk dengan menyilangkan kaki, serta menjaga berat badan ideal.
5.Anemia (kekurangan darah).Cara mencegah penyakit animea yaitu dengan cara banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi, Vitamin C, Folat, dan Vitamin B12.

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 4 kelas 5 SD halaman 95 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 1 subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Simak pembahasan soal selanjutnya