Daftar Perilaku yang Harus Ditunjukkan dalam Menggunakan Energi di Rumah

Menuliskan contoh daftar perilaku yang harus ditunjukkan dalam menggunakan energi di rumah. Pembahasan kunci jawaban tema 6 kelas 3 halaman 71. Tepatnya pada kegiatan bersama orang tua pada materi pembelajaran 2 subtema 2 Perubahan Energi di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Daftar Perilaku yang Harus Ditunjukkan dalam Menggunakan Energi di Rumah

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Bagaimana pendapatmu jika ada orang yang menggunakan energi untuk hal yang tidak baik? Apa yang akan kamu lakukan terhadap orang tersebut? Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Mengamati!

Tuhan Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Karena kasih sayangnya kita semua dapat hidup. Energi adalah nikmat Tuhan yang berguna bagi kelangsungan hidup. Semua orang berhak memanfaatkan energi yang sudah dianugerahkan-Nya.

Kita berhak menggunakan energi tersebut. Tapi kita juga memiliki kewajiban terhadap energi. Kita wajib menggunakan energi dengan bijak. Energi di dalam tubuh harus digunakan untuk sesuatu yang baik dan bermanfaat.

Contohnya seorang guru. Ia mengeluarkan energinya untuk mengajar. Ia curahkan tenaga agar murid-muridnya menjadi cerdas dan terampil. Guru berharap kelak murid-muridnya menjadi orang yang berguna.

Demikian juga seorang petani. Ia menggarap sawahnya dengan sekuat tenaga. Energinya digunakan untuk mencangkul dan menanam padi di sawah. Di bawah terik matahari yang menyengat dia tetap bekerja.

Petani berharap sawah yang digarapnya akan menghasilkan padi yang bagus. Banyak orang membutuhkan padi untuk kebutuhan hidup. Padi digiling menjadi beras. Beras dimasak lalu dimakan.

Menggunakan energi untuk hal yang berguna merupakan suatu kewajiban. Jangan menggunakan energi untuk hal yang tidak berguna. Misalnya tenaga seseorang yang kuat digunakan untuk berkelahi. Energi bunyi dari radio digunakan untuk mengganggu orang lain. Atau energi panas api digunakan untuk main petasan.

Kegiatan Bersama Orang Tua : Orang tua mengajak siswa menuliskan daftar perilaku yang harus ditunjukkan dalam menggunakan energi di rumah.

Jawaban:

1. Menggunakan lampu jenis terbaru yang dikenal sangat hemat energi.
2. Mematikan lampu apabila tidak lagi dibutuhkan.
3. Lebih mengutamakan penggunaan laptop daripada komputer sebab daya yang dibutuhkan laptop hanya sekitar 15 watt, adapun komputer bisa mencapai 150 watt.
4. Menanam pohon dan tumbuhan hijau di sekitar rumah agar udara menjadi sejuk sehingga tidak perlu menggunakan AC atau kipas angin.
5. Mematikan TV apabila tidak ditonton.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 6 kelas 3 SD/MI di buku tematik siswa halaman 71. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 2 subtema 2. Terimakasih, selamat belajar!