Jawaban Apa Saja yang Menyebabkan Terjadinya Perubahan Ekosistem Tema 5 Kelas 5

Apa saja yang menyebabkan terjadinya perubahan ekosistem, pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 5 halaman 49 50 52 tepatnya pada materi pembelajaran 6 subtema 1 Komponen Ekosistem di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Pokok Pikiran Setiap Paragraf Bacaan Perubahan Ekosistem Garis Bawahilah Informasi Penting di buku tematik.

Apa saja penyebab terjadinya perubahan ekosistem

Perubahan Ekosistem

Ekosistem mengalami perubahan sepanjang waktu. Komponen-komponen di dalam ekosistem dapat mengalami peningkatan maupun penurunan jumlah. Misal, pada saat musim hujan, sebuah kebun akan mendapatkan lebih banyak air hujan daripada saat musim kemarau. Tanaman tumbuh dengan baik. Tikus-tikus tanah juga akan mendapatkan lebih banyak makanan daripada biasanya. Kondisi ini akan peningkatan populasi tikus tanah di kebun tersebut. Peningkatan jumlah tikus tanah akan mengakibatkan meningkatnya populasi ular tanah. Peningkatan ini disebabkan ular tanah mendapatkan banyak makanan berupa tikus tanah pada musim itu.

Pada musim kemarau, air hujan yang turun di kebun tersebut tentu berkurang. Tanaman tumbuh lebih lambat. Makanan yang dihasilkannya juga lebih sedikit. Keadaan ini akan mengakibatkan menurunnya populasi tikus tanah yang memakan tanaman di kebun itu. Akibatnya, populasi ular tanah pun akan berkurang karena berkurangnya sumber makanan pada musim itu.

Ekosistem mengalami perubahan baik secara alami maupun karena kegiatan manusia. Perubahan musim, seperti dijelaskan di atas, merupakan salah satu contoh perubahan alami. Selain musim, hal yang termasuk faktor perubahan alami adalah bencana alam berupa gunung meletus, gempa, tanah longsor, kebakaran hutan, tsunami, angin ribut, dan banjir.

Manusia dapat menjadi faktor penyebab terjadinya perubahan ekosistem. Manusia melakukan berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pembukaan lahan hutan untuk dijadikan sawah dan perkebunan akan mengubah ekosistem. Kegiatan manusia yang menimbulkan pencemaran lingkungan, dapat mengubah keseimbangan ekosistem. Masih banyak lagi kegiatan manusia yang dapat mengubah ekosistem.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 52

Ayo Berlatih

1. Apa saja yang menyebabkan terjadinya perubahan ekosistem?

Jawaban : Perubahan ekosistem terjadi karena adanya beberapa faktor, yang pertama faktor alam yaitu contohnya karena perubahan musim dan bencana alam. Sedangkan kedua faktor manusia yaitu contohnya kegiatan industri dan pembukaan lahan yang tidak bertanggung jawab.

2. Kegiatan manusia seperti apa sajakah yang dapat memengaruhi ekosistem?
3. Usaha-usaha apa sajakah yang telah dilakukan masyarakat Indonesia untuk mempertahankan NKRI?
4. Sebutkan paling sedikit dua lagu nasional bertangga nada mayor dan minor.

Jawaban, buka disini: Kegiatan Manusia Seperti Apa Sajakah yang Dapat Memengaruhi Ekosistem

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 5 SD halaman 52 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 6 subtema 1 Komponen Ekosistem di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat pembahasan soal selanjutnya pada kolom pencarian.

One Comment