Hal-Hal Penting Pada Setiap Paragraf Bacaan Sejarah Termos

Berdasarkan bacaan di atas, tuliskanlah hal-hal penting pada setiap paragraf bacaan Sejarah Termos dengan menggunakan kalimat lengkap, Tuliskanlah pada tabel berikut, pembahasan kunci jawaban tema 6 kelas 5 halaman 147 149 150 151 152 153 Tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di buku tematik siswa.

Hal-Hal Penting Pada Setiap Paragraf Bacaan Sejarah Termos

Pembahasan kali ini merupakan uraian soal pada teks bacaan Sejarah Termos, dimana kalian telah membaca dan mempelajari pada pembahasan sebelumnya.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 147

Berdasarkan bacaan di atas, tuliskanlah hal-hal penting pada setiap paragraf dengan menggunakan kalimat lengkap. Tuliskanlah pada tabel berikut.

Jawaban :

ParagrafKalimat
1– Termos adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung seperti botol yang mempunyai dinding berlapis.
– Dengan dinding dalam termos yang dirancang seperti kaca, maka kalor yang terdapat pada air panas tersebut tidak bisa berpindah dengan cepat.
2Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 adalah James Dewar.
3– James Dewar menemukan cara membuat botol hampa udara, yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos.
– Botol hampa udara buatan James Dewar sekarang dapat dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, London.

Rangkailah kalimat-kalimat yang berisi informasi penting dari paragraf di atas menjadi sebuah tulisan satu paragraf yang menggambarkan isi dari bacaan di atas. Gunakan kalimat yang lengkap, kata-kata baku dan ejaan yang tepat.

Jawaban : Termos adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung. Benda ini diciptakan pertama kali oleh James Dewar pada tahun 1902. James Dewar menemukan cara membuat botol hampa udara yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol Hampa udara buatan James Dewar sekarang dapat dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, London.

Setelah itu, jawablah pertanyaan berikut ini. Tuliskan jawabanmu dengan menggunakan kalimat yang lengkap dan kata-kata yang baku!

1. Apakah fungsi sebuah termos?

Jawaban : Termos berfungsi untuk menyimpan air panas agar tetap panas saat digunakan.

2. Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat termos pada masa itu?

Jawaban : Bahan yang digunakan pada masa itu adalah botol hampa udara, merupakan wadah dari kaca berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat.

3. Gambarlah bagian-bagian termos sesuai bacaan di atas.

Jawaban :

Gambarlah bagian-bagian termos sesuai bacaan di atas

4. Apa saja benda di sekitarmu yang menggunakan prinsip yang hampir sama dengan termos?

Jawaban : Benda yang ada di sekitar seperti jaket dan selimut.

Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas, tuliskan hal-hal yang kamu pahami dari setiap paragraf pada bacaan Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator dalam sebuah kalimat. Kalimat-kalimat tersebut akan mewakili isi dari bacaan yang kamu baca. Tuliskan pada tempat yang telah disediakan.

Jawaban, buka disini: Hal-Hal yang Kamu Pahami Setiap Paragraf Bacaan Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 6 kelas 5 SD halaman 147 tentang Hal-Hal Penting Pada Setiap Paragraf Bacaan Sejarah Termos. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 2 subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian:

2 Comments