Informasi Tentang Cerita Fiksi dan Ciri-Cirinya dari Berbagai Sumber

Carilah informasi tentang cerita fiksi dan ciri cirinya dari berbagai sumber! akukan kegiatan ini bersama teman sebangkumu. Diskusikanlah informasi yang kalian peroleh. Kemudian, tulislah informasi yang kamu peroleh. Pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 4 halaman 5.

Tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi terbaru tahun 2017.

Informasi Tentang Cerita Fiksi dan Ciri-Cirinya dari Berbagai Sumber

Jawaban tugas kali ini merupakan lanjutan pembahasan soal sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan beberapa soal pada teks Asal Mula Telaga Warna. Sudah mengerjakannya kan?

Ayo Berdiskusi

Carilah informasi tentang cerita fiksi dan ciri-cirinya dari berbagai sumber. Lakukan kegiatan ini bersama teman sebangkumu. Diskusikanlah informasi yang kalian peroleh. Kemudian, tulislah informasi yang kamu peroleh.

Jawaban Hasil Diskusi :

Cerita fiksi adalah rekaan atau khayalan pengarang. Isi cerita dapat murni berasal dari khayalan pengarang, tetapi juga dapat berdasarkan fakta. Cerita fiksi yang dikarang berdasarkan fakta diperoleh dari berbagai pengalaman, baik pengalaman diri sendiri maupun pengalaman orang lain. Kemudian, pengalaman tersebut diolah menjadi bahan cerita menarik.

Ciri-ciri cerita fiksi:

  1. Merupakan cerita rekaan atau cerita nyata yang diolah oleh pengarang.
  2. Bertujuan untuk menghibur dengan menceritakan suatu peristiwa.
  3. Disajikan dalam alur cerita.
  4. Menggunakan bahasa yang komunikastif.
  5. Menggunakan bahasa tidak baku.

Ayo Berlatih

Ceritakan kembali secara lisan dengan menyebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita Asal Mula Telaga Warna. Berceritalah di depan guru dan teman-temanmu. Ceritakan dengan artikulasi jelas, ekspresif, intonasi tepat, dan penuh percaya diri.

Jawaban contoh cerita, buka DISINI.